Siswa yang masuk ke dalam kelas jumlahnya hanya boleh 50 persen dari total jumlah peserta didik yang ada dalam kelas. Duduknya juga berjarak, sesuai aturan protokol kesehatan, jadi siswa yang masuk itu dibagi menjadi dua shift,
Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pendidikan Provinsi Riau menyatakan di saat pandemi COVID-19 saat ini sebanyak tiga kabupaten di daerah itu, yakni Kabupaten Kampar, Siak dan Kuantan Singingi  (Kuansing) sudah mulai melaksanakan belajar tatap muka terbatas di sekolah.

"Sedangkan untuk kabupaten Kepulauan Meranti dari laporan yang kami terima mereka masih dalam tahap persiapan," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dsidik) Provinsi Riau, Zul Ikram di Pekanbaru, Rabu.

Zul menjelaskan bagi sekolah yang melaksanakan belajar tatap muka terbatas di sekolah, wajib mematuhi protokol kesehatan. Sebelum pelajar masuk ke areal sekolah diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu memakai masker.

Setelah itu dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan "thermo gun". Pelajar yang masuk ke areal sekolah diwajibkan menggunakan masker.

"Siswa yang masuk ke dalam kelas jumlahnya hanya boleh 50 persen dari total jumlah peserta didik yang ada dalam kelas. Duduknya juga berjarak, sesuai aturan protokol kesehatan, jadi siswa yang masuk itu dibagi menjadi dua shift," katanya.

Ia menegaskan rekomendasi belajar tatap muka terbatas harus sesuai dengan aturan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, yakni  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri  tentang sekolah tatap muka.

Selain mengacu SKB empat menteri, rekomendasi dari Gugus Tugas COVID-19 juga mesti dijalankan sesuai aturan.

Contohnya, seperti jam belajar, jumlah siswa yang boleh hadir, hingga jumlah siswa yang diperbolehkan masuk dalam satu hari.

"Meski keputusan belajar tatap muka terbatas ditentukan masing-masing kepala daerah, wilayah dengan zona merah tidak akan memperoleh rekomendasi dari Gugus Tugas COVID-19," demikian Zul Ikram.

Baca juga: Tiga daerah di Riau dapat izin sekolah tatap muka

Baca juga: Pastikan penerapan prokes, Gubernur Riau siap periksa sekolah

Baca juga: Satgas belum beri izin, Kota Dumai-Riau belum buka kelas tatap muka

Baca juga: Guru posistif COVID-19, sekolah di Bengkalis-Riau diliburkan 14 hari

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021