Kami ingin bersinergi dengan PPSDM Migas untuk bersama-sama membangun Blora. Sekaligus, meminta masukan dan saran untuk potensi kerja sama yang bisa kami jalin dengan PPSDM Migas ke depannya. Kami ingin masukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Me
Jakarta (ANTARA) - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Kementerian ESDM siap bersinergi membangun Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kesiapan tersebut disampaikan Kepala PPSDM Migas Wakhid Hasyim saat menerima kunjungan kerja Wakil Bupati Blora atau Bupati terpilih Blora Periode 2021-2024 Arief Rohman di Kantor PPSDM, Cepu, Blora, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2021).

PPSDM, yang berkedudukan di Cepu, Blora, adalah instansi pemerintah pusat di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Baca juga: Kementerian ESDM bangun 3.404 sumur bor air bersih

Dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis, saat kunjungan itu, Wakil Bupati mengutarakan ajakannya untuk saling sinergi membangun Blora dan juga meningkatkan pencapaian indikator implementasi reformasi birokrasi.

"Kami ingin bersinergi dengan PPSDM Migas untuk bersama-sama membangun Blora. Sekaligus, meminta masukan dan saran untuk potensi kerja sama yang bisa kami jalin dengan PPSDM Migas ke depannya. Kami ingin masukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Blora," jelas Arief.

Dalam pertemuan itu, Wakil Bupati melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah seperti BKD terkait peningkatan indeks profesionalitas ASN, inspektorat tentang zona integritas menuju WBK dan WBBM, Disnaker terkait potensi kerja sama pelatihan dan sertifikasi, Bappeda terkait penyusunan rencana kerja daerah, dan Dinas Pariwisata soal penataan dan pembangunan pariwisata di Cepu khususnya dan Blora.

"Dengan demikian, dari pertemuan ini, Pemerintah Kabupaten Blora dapat mendapatkan masukan dan saran untuk penyusunan rencana kerja ke depan," ujar Arief.

Baca juga: SKK Migas siap pertahankan tingkat produksi pada 2021

Kepala PPSDM Migas menyambut antusias ajakan kerja sama dan sinergi Pemkab Blora tersebut. "Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pemkab Blora dan merupakan suatu kehormatan bagi kami. Kami siap membantu apa yang kami bisa untuk Blora," katanya.

Kepala PPSDM didampingi antara lain Koordinator Tata Usaha Sri Wahjoe Handajani; Koordinator Perencanaan dan Standardisasi Pengembangan SDM R Suhardi; Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Sulistyono; dan Subkoordinator Kepegawaian dan Umum Arisona.

Wakhid mengungkapkan Cepu dan Blora mempunyai potensi besar untuk dikembangkan, terlebih sektor pariwisata. Menurut dia, keberadaan Migas Cepu Edupark (MCE), yang digagas dan dibangun PPSDM Migas, sangat berdampak untuk masyarakat sekitar karena telah memberikan kontribusi ekonomi dengan adanya peningkatan sektor pariwisata di Cepu.

Pada kesempatan itu, rombongan Wakil Bupati Blora juga melakukan kunjungan ke Pelayanan Terpadu Satu Atap PPSDM Migas dan MCE.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021