PASI pandang Menko Luhut punya pengalaman dan daya diplomasi ulung

PASI pandang Menko Luhut punya pengalaman dan daya diplomasi ulung

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Jakarta (ANTARA) - Munculnya nama Luhut Binsar Pandjaitan sebagai kandidat tunggal calon ketua umum PB PASI menjelang Kongres PASI 2021 yang akan digelar Senin (25/1), mendapat dukungan penuh dari induk organisasi atletik nasional karena figur tersebut mempunyai pengalaman kepengurusan olahraga dan diplomasi yang baik.

"Luhut dinilai cocok memimpin PB PASI. Selain memiliki pengalaman memimpin organisasi olahraga yaitu FORKI, ia juga punya kemampuan diplomasi yang sangat baik, sehingga memungkinkan untuk menjalin kerja sama dengan negara lain dalam meningkatkan kualitas atletik Indonesia," kata Sekjen PB PASI Tigor Tanjung dalam keterangan resminya, Minggu.

Sebelum Luhut menjadi calon tunggal, PB PASI sudah melakukan pendekatan pada sejumlah sosok yang dinilai cocok memimpin organisasi. Tapi akhirnya hanya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi yang menyatakan keseriusannya untuk menjadi Ketua Umum PB PASI.

Baca juga: Menko Luhut Pandjaitan kandidat tunggal Ketum PB PASI 2021-2025

"Jadi, kami meminang beliau untuk memimpin PB PASI," ujar Tigor menceritakan.

Menjelang penyelenggaraan kongres, Tigor memastikan seluruh Pengprov PASI telah menyatakan dukungan penuh kepada Luhut untuk memimpin PB PASI.

Hingga Jumat, dari 34 pengprov, baru 31 yang menyatakan dukungannya kepada Luhut. Namun sekarang dukungan penuh dari seluruh pengprov sudah dilayangkan ke PB PASI untuk memilih Menko Luhut menjadi ketua umum periode 2021-2025.

"Sehingga dipastikan dalam Kongres nanti, pemilihan ketua umum akan berlangsung secara musyawarah mufakat atau secara aklamasi," paparnya.

Baca juga: PB PASI sambut baik rencana vaksinasi COVID-19 bagi atlet

Sebagaimana diketahui, sepeninggal Mohamad Bob Hasan sebagai ketua umum, yang meninggal pada 31 Maret 2020, PB PASI dipimpin oleh Plt ketua Umum Zacky Anwar Makarim.

Kongres yang semula direncanakan pada Desember 2020 ini, bakal berlangsung secara virtual untuk mencegah penyebaran virus corona dan memenuhi protokol kesehatan.

Ketua Panitia Penyelenggara Kongres PASI 2021 Umarsono menyebutkan hingga sepekan sebelum penyelenggaraan, seluruh pengprov PASI dan satu anggota luar biasa telah menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam kongres.

Selain memilih ketua umum, kongres yang akan dibuka oleh Ketua KONI Marciano Norman ini juga mengagendakan pertanggungjawaban pengurus PB PASI periode 2016-2020.

Baca juga: Sederet nama pejabat negara digadang-gadang bisa pimpin PB PASI
Pewarta : Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021