Pemkab Temanggung terima vaksin COVID-19

Pemkab Temanggung terima vaksin COVID-19

Petugas menurunkan boks vaksin COVID-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung. (ANTARA/Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung menerima vaksin COVID-19 yang dikemas dalam tiga kardus besar dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Minggu.

Sekretaris III Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei di Temanggung, Minggu, menyebutkan vaksin dalam tiga kardus tersebut berisi sekitar 6.520 dosis.

"Vaksin sudah kami terima dan langsung disimpan di salah satu ruangan di Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung," katanya.

Ia mengatakan ribuan vaksin COVID-19 tersebut merupakan vaksin tahap pertama yang diterima dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Dokter RSUD Temanggung meninggal terkonfirmasi COVID-19

"Tempat penyimpanan vaksin ini sudah disesuaikan dengan rambu-rambu kesehatan, Insya Allah aman," katanya.

Ia menuturkan sebelum disimpan dalam ruang khusus, vaksin yang diterima dihitung dulu, setelah dipastikan sama dengan jumlahnya maka baru akan disimpan dan kemudian separuhnya langsung didistribusikan ke 26 puskesmas dan 3 rumah sakit di Temanggung.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah melakukan penjadwalan untuk pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Temanggung. Vaksin tahap pertama yang diterima ini akan digunakan untuk vaksinasi tenaga medis dan pendukungnya sebanyak 3.426 orang.

Baca juga: Kasus COVID-19 menyebar di 256 desa/kelurahan di Temanggung

"Sudah kami jadwalkan, untuk tahap pertama ini memang diprioritaskan untuk tenaga medis dan pendukungnya," katanya.

Ia mengatakan sebelum vaksinasi dilakukan terhadap tenaga medis dan pendukungnya, direncanakan dilakukan vaksinasi terhadap 10 orang di jajaran Forkompinda Kabupaten Temanggung.

"Vaksinasi kepada Forkominda ini kami rencanakan pada Senin (25/1) di Pendopo Pengayoman komplek Rumah Dinas Bupati Temanggung," katanya.

Baca juga: Belasan guru di Temanggung terpapar COVID-19

Kaplores Temanggung AKBP Benny Setyowadi mengatakan untuk pengamanan vaksin dilakukan selama 24 jam, baik di dinas kesehatan maupun di puskesmas.

"Pengamanan di dinkes dilakukan 8 personel, yaitu 2 orang dari Polres, 2 orang dari Kodim, 2 orang dari Satpol PP, dan 2 orang dari Dinkes.

"Begitu juga pengamanan di puskesmas juga dilakukan 4 unsur itu. Selama 24 jam vaksin kami amankan di tempat masing-masing, baik di dinkes maupun puskesmas," katanya. 

Baca juga: Pegawai positif corona, Dindukcapil Temanggung tunda perekaman KTP-el
Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021