Kapal TB Mitra Jaya XIX ditemukan setelah hilang kontak

Kapal TB Mitra Jaya XIX ditemukan setelah hilang kontak

Petugas Polairud Polda Jatim berkoordinasi dalam upaya evakuasi kecelakaan kapal laut yang terjadi di perairan Gresik, Jawa Timur. (ANTARA Jatim/Hanif Nashrullah)

Surabaya (ANTARA) - Kapal Tug Boat (TB) Mitra Jaya XIX ditemukan di dekat perairan Madura, Jawa Timur, setelah sebelumnya dikabarkan hilang kontak akibat tabrakan dengan kapal kargo KM Tanto Bersinar.

Direktur Direktorat Kepolisian Air dan Udara Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Arnapi menginformasikan TB Mitra Jaya XIX ditemukan dalam posisi tenggelam.

"Lima orang kru-nya masih belum ditemukan. Kemungkinan masih berada di dalam kapal. Proses evakuasi yang dipimpin teman-teman Basarnas hari ini terkendala cuaca buruk, karena hujan terus menerus dan gelombang laut tinggi," katanya kepada wartawan di Surabaya, Minggu.

Baca juga: Kapal Mitra Jaya XIX hilang kontak setelah tabrakan di perairan Gresik

TB Mitra Jaya XIX yang menarik kapal tongkang BG Makmur Abadi 5 bermuatan minyak kelapa sawit dari Pelabuhan Sungai Putih, Kalimantan Selatan, ditabrak kapal kargo KM Tanto Bersinar di perairan Gresik, Jawa Timur, pada Sabtu dini hari (24/1)

Menurut Kombes Pol Arnapi, petugas Basarnas telah mengevakuasi bangkai TB Mitra Jaya XIX ke perairan yang lebih dangkal di wilayah Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura.

"Langkah selanjutnya, kami bersama tim yang dipimpin Basarnas akan menggelar rapat untuk mengevakuasi lima ABK yang dimungkinkan masih berada di dalam kapal tersebut. Proses evakuasinya perlu kesiapan dan kelengkapan dengan pola-pola yang nanti dipimpin oleh teman-teman dari basarnas," ujarnya.

Tim penyelamat gabungan dari Kepolisian, TNI AL, Kesyahbandaran dan Basarnas telah berkoordinasi dengan aparat di Kabupaten Sampang, Madura.

Baca juga: Petugas cegah pencemaran akibat tabrakan kapal di perairan Gresik

Baca juga: KM Tanto Ceria terbakar di perairan Gresik


“Sehingga, apabila para korban ditemukan di dalam bangkai kapal tersebut, bisa langsung membawanya ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan penanganan selanjutnya," ucap Kombes Pol Arnapi.
Pewarta : A Malik Ibrahim/Hanif Nashrullah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021