Unismuh Makassar siap terjunkan 200 relawan psikososial ke Sulbar

Unismuh Makassar siap terjunkan 200 relawan psikososial ke Sulbar

Sekretaris Muhammadiyah Disaster and Management Center (MDMC) Sulsel Kaeruddin. ANTARA/HO-Humas Unismuh Mks

Makassar (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Makassar Provinsi Sulawesi Selatan siap menerjunkan sekitar 200 relawan psikososial ke lokasi pascagempa di Provinsi Sulawesi Barat.

"Mereka adalah mahasiswa yang akan terlibat dalam kuliah kerja nyata (KKN) kebencanaan Tahun 2021," kata Sekretaris Muhammadiyah Disaster and Management Center (MDMC) Sulsel Kaeruddin di Makassar, Minggu.

Baca juga: Kasau kirim bantuan untuk korban bencana di Kalsel dan Sulbar

Dia mengatakan, relawan tersebut dalam menjalankan tugasnya di lokasi gempa akan berkoordinasi dengan MDMC Sulsel.

Mengenai agenda tersebut, lanjut dia, sudah dikomunikasikan dengan Wakil Rektor II Unismuh Makassar dan ternyata mendapatkan dukungan penuh.

Baca juga: Bantuan bencana gempa di Sulbar dipastikan terdistribusi merata

“Ratusan relawan tersebut akan turun ke lapangan awal Februari 2021. Mereka akan dibagi ke dalam 5 Pos Layanan, 3 pos di Mamuju dan 2 di Majene,” jelas Khaeruddin.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Syukri Syamsuri mengakui rencana persiapan mengirim 200 relawan itu.

Baca juga: Gubernur Sulbar: Penyintas gempa jangan terlena dengan bantuan

Dia mengatakan, pengiriman 200 relawan mahasiswa dari berbagai fakultas merupakan bagian dari kepedulian Unismuh Makassar terhadap korban gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulbar.

Menurut Syukri, bencana itu patut menjadi perhatian bersama, karena selain menyebabkan kerusakan fisik bangunan dan memakan korban jiwa, gempa tersebut juga menyebabkan kerusakan psikis.
Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021