Lisbon (ANTARA) - Dengan menggunakan masker dan menjaga jarak, masyarakat Portugal menuju tempat pemungutan suara pada Minggu (24/1) untuk memilih presiden yang sebagian besar seremonial, bahkan di tengah jumlah kasus virus corona yang berada di posisi rekor, dengan masing-masing menggunakan pena mereka sendiri untuk menghindari penyebaran virus.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa petahana, Presiden Marcelo Rebelo de Sousa dari Partai kanan-tengah Demokrat Sosial, kemungkinan akan menang dengan mudah.

"Saya di sini di antara orang-orang yang pertama datang untuk menghindari kerumunan dan antrian," kata Cristina Queda, 58 tahun, yang tiba di TPS di Lisbon segera setelah dibuka pukul 8 pagi. "Karena tanggal pemilihan tidak berubah, saya memutuskan untuk datang lebih awal untuk menghindari situasi itu."

Hanya di bawah dua pertiga dari seluruh warga Portugis yang meyakini pemilihan umum seharusnya ditunda karena pandemi, menurut jajak pendapat yang dilakukan pekan lalu oleh lembaga penelitian ISC/ISCTE.

Beberapa orang yang datang lebih siang melaporkan menunggu sekitar setengah jam dalam antrian yang mengelilingi blok, karena peraturan menentukan pemilih harus berdiri dua meter dengan hanya satu orang yang diizinkan masuk pada satu waktu.

Lembaga survei memperkirakan rekor orang-orang yang tidak memilih mencapai 60-70 persen, sebagian karena ratusan ribu pemilih berada di bawah karantina.

Perdana Menteri Antonio Costa memberikan suaranya di sebuah sekolah di Lisbon, dan mengatakan semua tindakan telah diambil untuk mencegah penularan.

"Semua ketentuan sudah ada," kata Costa. "Kami berada di titik paling gawat dari pandemi - semuanya dilakukan agar orang dapat menggunakan hak demokratis mereka untuk memilih."

Negara berpenduduk 10 juta orang itu mengalami gelombang pandemi pasca-Natal yang parah, dengan rata-rata kasus baru dan kematian per kapita tertinggi di dunia selama tujuh hari menurut pelacak data Universitas Oxford www.ourworldindata.org.

Jumlah kematian COVID-19 memecahkan rekor untuk hari ketujuh berturut-turut pada hari Minggu dengan jumlah sebanyak 275, dengan rawat inap juga berada pada titik tertinggi dan ambulans mengantri selama beberapa jam di rumah sakit Lisbon yang terisi penuh.

"Saya tidak setuju bahwa tanggal itu tidak diubah," kata Jose Antonio Queda, 72 tahun yang juga memilih lebih awal dengan istrinya. "Jika kita berada dalam pembatasan pergerakan, kita harus menghindari virus itu sebisa mungkin."
Baca juga: Presiden Portugal dinyatakan positif COVID-19, tanpa gejala
Baca juga: Portugal selenggarakan pemilihan umum


Penerjemah: Aria Cindyara
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021