Manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya, berikan inspirasi bagi lingkungan sekitar dan teruslah belajar, serta terus menerus berinovasi
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir menilai program dan kompetisi Diplomat Success Challenge (DSC) hadir sebagai sistem pendukung (support systems) dan safeplaces bagi wirausahawan muda Indonesia di masa pandemi COVID-19 saat ini.

"Di tengah situasi pandemi, DSC hadir sebagai support system dan safeplaces bagi kalangan wirausaha serta generasi muda Indonesia yang dapat beradaptasi dengan cepat, inovatif, kolaboratif, dan semangat untuk selalu bikin gebrakan," ujar Erick Thohir saat menyampaikan keynote speech dalam konferensi pers daring Diplomat Success Challenge di Jakarta, Selasa.

Erick memahami bahwa kondisi pandemi yang melanda Indonesia dan seluruh dunia memang tidak mudah, namun dirinya percaya ada peluang-peluang baru yang bisa dimanfaatkan.

Menteri BUMN mengatakan banyak kemudahan yang diberikan pemerintah atau pihak-pihak lainnya agar pelaku UMKM dapat bangkit kembali.

"Salah satunya saya sangat mengapresiasi kehadiran program inovatif seperti Diplomat Success Challenge (DSC), program dan kompetisi wirausaha yang diinisiasi Wismilak Foundation," katanya.

Program DSC telah berjalan lebih dari satu dekade serta tahun ini memasuki tahun ke-11.

Menteri BUMN Erick Thohir juga menyampaikan pesan kepada para peserta DSC ke-11 yang nanti terpilih agar menjadi momen ini sebagai langkah awal untuk membuat gebrakan, dengan DSC sebagai wadahnya.

"Manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya, berikan inspirasi bagi lingkungan sekitar dan teruslah belajar, serta terus menerus berinovasi. Ayo bikin gebrakan," ujar Erick Thohir.

Setahun sudah Indonesia berada dalam masa pandemi COVID-19. Selama satu tahun ini juga pandemi memengaruhi segala bidang kehidupan masyarakat, terutama dalam bidang ekonomi.

Situasi pandemi memang mengguncang stabilitas perekonomian, namun di satu sisi di dalam negeri banyak pula bermunculan potensi usaha kecil dan menengah yang adaptif dengan perubahan dan siap bertahan.

Untuk menjawab tantangan ini, DSC tetap hadir memberikan ruang kepada para pelaku usaha untuk berani #BIKINGEBRAKAN, merancang dan mengembangkan bisnis yang relevan dalam situasi kenormalan baru yang pastinya tidak mudah. Tahun ini juga memarkai kehadiran DSC yang sudah 11 tahun berkontribusi dalam pembentukan ekosistem wirausaha Indonesia.

Saat ini DSC XI 2020 yang merupakan program kewirausahaan yang inisiasi dari Wismilak Foundation telah sampai pada tahap final.

Rangkaian acara DSC XI yang telah melewati beberapa tahapan sejak dibuka pada 14 Agustus 2020 ini memiliki tujuan untuk mematangkan ekosistem wirausaha Indonesia, menyediakan edukasi, serta pendampingan bisnis, dan terutama memberikan hibah modal usaha dengan total Rp2 miliar kepada peserta dengan ide bisnis paling potensial.

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021