3.680 dosis vaksin COVID-19 disimpan di Gudang Farmasi Kota Kediri

3.680 dosis vaksin COVID-19 disimpan di Gudang Farmasi Kota Kediri

Petugas mendata jumlah vaksin COVID-19 yang tiba di Kediri, Jawa Timur. ANTARA Jatim/ istimewa

Kediri (ANTARA) - Sebanyak 3.680 dosis vaksin COVID-19 saat ini sudah tiba di Kota Kediri, Jawa Timur, dan kini disimpan di gudang farmasi yang ada di kota ini, untuk selanjutnya akan diberikan kepada penerima vaksin.

"Kami sudah kedatangan vaksin dari pusat, total ada 3.680 dosis yang kemudian kami simpan dan pastikan keamanannya di gudang farmasi ini," kata Kepala Seksi Survelens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Kediri Yuni Ulfah di Kediri, Selasa.

Ia juga menambahkan Dinas Kesehatan Kota Kediri sudah sepenuhnya siap tentang lokasi penyimpanan dan pengamanan vaksin COVID-19 sebelum nantinya akan diberikan kepada penerima.

Baca juga: Wali Kota Kediri minta warga jangan takut vaksin COVID-19

"Untuk kesiapan kami sudah siap 100 persen mulai dari sarana prasarana, rantai dingin sampai listrik hingga pelaksanaan kami sudah siapkan," kata dia.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama, rencananya akan dilaksanakan pada hari Rabu (27/1).

"Nanti untuk tahap pertama akan diawali oleh kepala daerah dan forkopimda dilanjutkan dengan tenaga kesehatan yang telah terdaftar," kata Yuni.

Baca juga: Sekitar 4 ribu nakes di Kediri akan diberi vaksin COVID-19

Sedangkan untuk lokasi vaksinasi, lanjut dia, akan dilaksanakan di semua fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Kediri. Tenaga vaksinator juga telah dipersiapkan dengan baik untuk pelaksanaan vaksinasi ini.

"Ada enam rumah sakit dan sembilan puskesmas yang telah siap," kata dia.

Sementara itu untuk pengamanan, petugas telah mempersiapkan penjagaan di Gudang Farmasi Kota Kediri.

"Selain pengaman dari provinsi, kami juga telah mempersiapkan petugas jaga, yang bahkan berjaga di malam hari. Di dekat lokasi penyimpanan vaksin juga dekat dengan mapolsek, InsyaAllah pengamanan tidak ada masalah," kata Kepala Bidang Pelayanan dan SDK Dinas Kesehatan Kota Kediri Dwi Sunaryati.

Baca juga: Wali Kota Kediri ajak penyintas COVID-19 donor plasma konvalesen

Pemerintah Kota Kediri berharap melalui upaya vaksinasi ini mampu menekan angka kasus COVID-19 di Kota Kediri.

"Semoga dengan ikhtiar pemerintah ini, pandemi COVID-19 khususnya di Kota Kediri dapat segera berlalu," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana.

Pihaknya juga meminta masyarakat untuk selalu patuh protokol kesehatan 5M yang meliputi mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, meski telah dilakukan vaksinasi.

Di Kota Kediri, data COVID-19 per Senin (25/1) yakni ada 955 orang telah terkonfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah itu, 40 orang masih dirawat, lima dipantau, 818 telah sembuh, dan 92 orang telah meninggal dunia.

Baca juga: Kediri penuhi syarat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021