Semua 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona merah, dengan layanan komunikasi tergelincir 3,82 persen, memimpin kerugian.
New York (ANTARA) - Wall Street terperosok, mencatat persentase penurunan satu hari terbesar dalam tiga bulan pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), dengan Dow anjlok lebih dari 600 poin, menambah kerugian sebelumnya setelah pernyataan Fed terbaru ketika indeks-indeks utama juga tertekan oleh penurunan Boeing dan aksi jual oleh para hedge fund.

Indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 633,87 poin atau 2,05 persen menjadi ditutup di 30.303,17 poin. Indeks S&P 500 terpuruk 98,85 poin atau 2,57 persen, menjadi menetap di 3.750,77 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir merosot 355,47 poin atau 2,61 persen, menjadi 13.270,60 poin.

Semua 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona merah, dengan layanan komunikasi tergelincir 3,82 persen, memimpin kerugian.

Baca juga: Wall Street jatuh, Indeks S&P dan Nasdaq tergelincir dari tertinggi

Masing-masing dari tiga indeks utama AS mengalami persentase penurunan harian terbesar sejak 28 Oktober. Penurunan tersebut juga mendorong indeks acuan S&P ke wilayah negatif untuk tahun ini.

Saham Boeing Co jatuh 3,97 persen dan termasuk di antara beban utama di Dow setelah pembuat pesawat itu mengambil biaya 6,5 miliar dolar AS yang lumayan besar untuk pesawat jet 777X yang serba baru karena pandemi COVID-19 dan akibat krisis keamanan selama dua tahun atas 737 MAX-nya.

Sementara itu saham pengecer videogame GameStop Corp dan operator bioskop AMC Entertainment Holdings Inc masing-masing naik lebih dari dua kali lipat pada Rabu (27/1/2021), melanjutkan kenaikan terik selama seminggu terakhir, saat investor amatir kembali masuk ke dalam saham-saham.

“Ini adalah permainan yang berbahaya untuk dimainkan dari kedua sisi spektrum, apakah Anda jangka panjang atau jangka pendek,” kata Matthew Keator, managing partner di Keator Group, sebuah firma manajemen kekayaan di Lenox, Massachusetts. “Kamu cukup dekat dengan api, kamu akan terbakar.”

Baca juga: Saham Inggris balik melemah, indeks FTSE 100 terpangkas 1,30 persen

Setelah mengurangi penurunan sebentar, penurunan dipercepat setelah pernyataan kebijakan Federal Reserve. Bank sentral mempertahankan suku bunga acuan mendekati nol dan tidak melakukan perubahan pada pembelian obligasi bulanannya, seperti yang diperkirakan secara luas, dan berjanji untuk mempertahankan dukungan tersebut hingga rebound ekonomi penuh terjadi.

“Mengingat kekhawatiran berkelanjutan seputar COVID dan lambatnya peluncuran vaksin, ekonomi AS kemungkinan besar akan kehilangan momentum pada kuartal pertama tahun ini,” kata Seema Shah, kepala strategi di Principal Global Investors di London.

"Namun dengan stimulus fiskal yang diambil alih dari kebijakan moneter sebagai satu-satunya pilihan, selalu diragukan The Fed akan mengumumkan tindakan baru bulan ini."

Dalam seminggu penuh dengan laba kuartalan dari perusahaan-perusahaan besar, Microsoft Corp pada awalnya naik setelah hasil pembuat perangkat lunak itu terus mendapatkan keuntungan dari tren kerja dan pembelajaran jarak jauh secara global tetapi menghapus sebagian besar keuntungannya karena kemerosotan pasar yang lebih luas dan berakhir naik 0,25 persen.

Hasil Microsoft memang menetapkan nada positif, namun, untuk perusahaan terkait teknologi lainnya termasuk Apple Inc dan Facebook Inc, melaporkan angka kuartalan mereka setelah bel penutupan.

Saham Facebook naik tipis 0,68 persen, sementara Tesla turun 2,10 persen setelah penutupan saat raksasa media sosial dan pembuat mobil listrik itu melaporkan hasilnya.

Perusahaan besar kelas berat tersebut baru-baru ini kembali diserbu peminat setelah hasil mengejutkan dari raksasa streaming Netflix Inc, dan karena investor membuang saham bank yang terkait dengan ekonomi, energi dan saham-saham kecil.

Tetapi kekhawatiran tentang meningkatnya valuasi pasar saham, meningkatnya kasus virus corona dan distribusi peluncuran vaksin yang tidak merata telah meningkatkan kekhawatiran investor tentang kemunduran dan peningkatan volatilitas dalam waktu dekat.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021