ACT Bali kirimkan 24 ton bantuan pangan korban banjir Kalsel

ACT Bali kirimkan 24 ton bantuan pangan korban banjir Kalsel

Ketua ACT Bali M Arif saat pengiriman 1 truk tronton dan 2 truk engkel bantuan pangan dari masyarakat Bali yang dikirimkan melalui Kapal Kemanusiaan, Rabu (27/1/2021). ANTARA/HO-ACT Bali

Denpasar (ANTARA) - Lembaga sosial-kemanusiaan "Aksi Cepat Tanggap (ACT)" Bali mengirimkan bantuan paket pangan dari mitra, komunitas, dan masyarakat di Pulau Dewata untuk para korban terdampak bencana banjir di Provinsi Kalimantan Selatan.

Ketua ACT Bali M Arif dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA di Denpasar, Kamis menyebutkan, setidaknya ada 24 ton dalam 1 truk tronton dan 2 truk engkel bantuan dari masyarakat Bali yang dikirimkan melalui Kapal Kemanusiaan, Rabu (27/1).

Keberangkatan bantuan paket pangan dengan Kapal Kemanusiaan itu dilepas perwakilan Kodim 1611 Badung yang dihadiri  perbekel Kesiman, kadus Kertalangu, perwakilan Urban Company dan perwakilan komunitas serta mitra ACT lainnya.

"Bantuan kemanusiaan ini adalah bukti bahwa kedermawanan masyarakat Bali sangat kuat, meskipun di tengah kondisi ekonomi belum normal akibat pandemi, masyarakat Bali masih bersemangat untuk bisa berbagi dengan saudaranya yang terkena musibah," ujarnya.
Baca juga: Pemkab Sidoarjo gandeng ACT kirim bantuan banjir Kalimantan Selatan
Baca juga: ACT kirim 10 truk bantuan logistik untuk korban gempa Sulbar


Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Livia selaku perwakilan Urban Company bahwa untuk kesekian kalinya Urban Company menggandeng ACT dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan.

"Semoga, bantuan ini bisa meringankan beban para korban banjir di Kalsel," katanya dalam acara pelepasan bertema "Dari Bali Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa" di gudang Urban Company.

Sementara itu, Danramil Denpasar Timur I Ketut Dermawan selaku perwakilan Kodim 1611 Badung berharap semangat persatuan dan saling meringankan beban antar anak bangsa yang sedang terkena musibah tetap tumbuh dan berkembang sehingga bisa cepat mengatasi permasalahan bersama.

Bantuan paket pangan dari Bali ini akan dilayarkan dari Tanjung Perak Surabaya bersama Cabang ACT se-Jatim, Jateng dan DIY dengan total ada 1.000 ton. "Kami masih tetap menerima bantuan dari masyarakat untuk disalurkan ke Kalsel dan Sulbar melalui Kapal Kemanusiaan gelombang kedua di awal bulan Februari 2021," kata Ketua ACT Bali, M Arif.

Pengiriman bantuan itu melibatkan dukungan dari Urban Company, Translogis, BEM Undiksa Singaraja, Leo Club', Social Project Bali, Perdana Bali, Tualang Bali, Yayasan Kesejahteraan Ukhuwah Denpasar, Alsa LC Udayana, Arbain, Hamasa, Hijab Mom Comunity Bali, Srikandi Boutique, HSAP, MTs. Mardhatillah Singaraja, PMM Al-Hikmah Undiksa Singaraja, HPCD, Bali Ambulance, dan sebagainya, termasuk LKBN ANTARA Bali.
Baca juga: ACT Sulteng terjunkan relawan dan bantuan untuk korban gempa Sulbar
Pewarta : Ayu Khania Pranishita
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021