Kami mendorong agar teman-teman LPTK banyak bermitra dengan kampus kependidikan kelas dunia, agar tidak kalah kualitasnya dengan kampus kependidikan kelas dunia lainnya
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Nizam mendorong agar Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) bermitra dengan kampus pendidikan kelas dunia.

“Kami mendorong agar teman-teman LPTK banyak bermitra dengan kampus kependidikan kelas dunia, agar tidak kalah kualitasnya dengan kampus kependidikan kelas dunia lainnya,” katanya dalam taklimat media di Jakarta, Kamis.

Kampus-kampus LPTK, lanjut dia, misalnya bisa bekerja sama dengan Singapura yang memiliki pusat kependidikan yang bagus.

Mantan Dekan Fakultas Teknik UGM tersebut meminta agar kampus LPTK untuk fokus mengembangkan program studi kependidikan.

“Jangan sampai beralih ke sana ke mari, prodi kependidikannya malah terabaikan,” kata Nizam usai melantik Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof Sumaryanto.

Kemendikbud meminta agar LPTK fokus mencetak pendidik yang berkualitas sehingga pembelajaran yang dihasilkan pun berkualitas.

Sebelumnya, Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Amich Alhumami mengatakan LPTK semestinya tidak terobsesi dengan penerimaan mahasiswa dalam jumlah besar.

“LPTK harus lebih mengutamakan kualitas melalui perbaikan program akademik, mulai dari pembaruan dan pengembangan kurikulum, penguatan program studi, peningkatan kualitas tenaga akademik, dan penguatan kelembagaan,” katanya .

Dia menambahkan evaluasi komperehensif terhadap kinerja LPTK menunjukkan bahwa LPTK harus mampu menyiapkan guru-guru berkualitas dan menguasai tiga kompetensi utama yakni pengetahuan akan konten dan subjek, pengetahuan pedagogi, dan keahlian mengajar.

Baca juga: LPTK diminta tidak terobsesi penerimaan banyak mahasiswa

Baca juga: Kemendikbud: LPTK hadapi empat tantangan besar di era merdeka belajar

Baca juga: LPTK UNM penerima terbesar pendanaan PKM Kemendikbud

Baca juga: Kemristekdikti sebut baru 63 LPTK untuk cetak guru SMK berkualitas


Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021