Venue panahan PON Papua rampung pada April 2021

Venue panahan PON Papua rampung pada April 2021

Ketua Pengprov Perpani Papua Dr Juliana J Waromi (kaos biru) meninjau pembangunan venue panahan untuk penyelenggaraan PON XX Papua di Sentani, Kabupaten Jayapura. ANTARA/Dok-PB PON Papua/am.

Jayapura (ANTARA) - Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Papua Dr Juliana J. Waromi menargetkan pembangunan venue panahan di Kampung Harapan, distrik Sentani, Kabupaten Jayapura rampung pada April 2021.

"Mulai dari tahapan penjaringan atlet Papua sampai pemusatan latihan semua terpusat di Karanganyar Jawa Tengah," ujar Juliana Waromi melalui laman PB PON Papua, Sabtu.

Ia mengatakan, venue masih dalam tahap pembangunan dan progresnya sangat baik, harapannya venue ini segera rampung dan atlet panahan Papua bisa berlatih.

Baca juga: KONI Papua kumpulkan 37 pengurus cabor untuk sukses prestasi PON XX

"Kami menargetkan bulan April venue panahan sudah rampung. Pekerjaan hanya tinggal bagian finishing, progresnya sudah mencapai 87 persen,"kata Fajar yang merupakan inspektor pengawas saat mendampingi pengurus Perpani meninjau venue.

Wakil Ketua Harian Perpani Papua, Nason Utti mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan PON XX, Provinsi Papua sebagai tuan rumah juga digenjot untuk pembangunan fisik oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dilaksanakan oleh Nindia Karya.

Namun pada prinsipnya seluruh atlet panahan siap bertanding di PON XX yang dijadwalkan akan berlangsung pada Oktober 2021.

Apalagi, kata Nason yang juga merupakan Anggota DPR Papua, bahwa persiapan atlet-atlet tersebut terus dilakukan sesuai program termasuk menjalani pemusatan latihan di Karanganyar.

Baca juga: TNI tangani kirab api PON XX Papua

"Meskipun keadaan masih dalam COVID-19 tetapi mereka tetap digenjot untuk terus mengikuti pemusatan latihan atau TC di Karanganyar. Jadi selain fisik bangunan serta lapangan yang bagus ini, kita juga memang ambisi untuk harus meraih medali emas terbanyak," katanya.

Sehingga dalam rangka mencapai target itulah, lanjutnya, pengurus bersama Ketua Perpani Papua menyiapkan lapangan tersebut.

"Kita pun memberi apresiasi dan semangat karena segala persiapan walaupun dalam keadaan virus corona, pelaksanaan PON XX di Papua ini menjadi tanggungjawab kita khususnya di cabor panahan," ungkap Nason Utti.

Sehingga, menurut Nason, semua harus jalan. Apalagi tidak sedikit anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah untuk menyiapkan fasilitas atau sarana dan prasarana bangunan venue cabang olahraga Panahan tersebut.

"Jadi kami cabor panahan juga tetap siapkan SDM, namun apa pun yang terjadi kami harus optimistis untuk juara. Itu target kami, karena meskipun COVID-19 melanda negeri kita, tapi kami masih bisa melewati masa susah itu," ujarnya.

Baca juga: Empat Venue PON dari APBN Diserahkan ke Provinsi Papua Februari
Pewarta : Muhsidin
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021