Barkley patahkan rekor buruk Villa kontra Southampton

Barkley patahkan rekor buruk Villa kontra Southampton

Gelandang Aston Villa Ross Barkley merayakan golnya ke gawang Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Sabtu (30/1/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Gareth Fuller)

Jakarta (ANTARA) - Ross Barkley mematahkan rekor buruk Aston Villa kontra Southampton setelah gol tunggalnya mengunci kemenangan 1-0 dalam lawatan ke Stadion St. Mary's untuk laga pekan ke-21 Liga Inggris pada Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Hasil itu menyudahi tren nirmenang Villa kontra Southampton yang berlangsung dalam delapan pertemuan sebelumnya, sekaligus jadi kemenangan pertama setelah 4 Desember 2013.

Tambahan tiga poin sekaligus mengangkat posisi Villa ke peringkat kedelapan klasemen dengan raihan 32 poin, sedangkan Southampton (29) tak beranjak dari urutan ke-11, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Burnley lanjutkan tren positif saat jungkalkan Aston Villa

Kendati hanya memiliki kurang dari 40 persen penguasaan bola sepanjang laga, Villa bermain efektif dengan empat kali menemui sasaran di antara delapan percobaan tembakan mereka.

Pada menit kedelapan, wasit Lee Mason sempat berkonsultasi dengan VAR atas dugaan pelanggaran handball oleh Matty Cash di dalam kotak penalti saat ia menghalau tembakan Danny Ings. Tayangan ulang memperlihatkan bola terlebih dulu mengenai badan Cash sebelum membentur lengannya sehingga tak ada hadiah tendangan penalti bagi tuan rumah.

Villa yang kesulitan menembus pertahanan tuan rumah hampir tertinggal pada menit ke-30, beruntung tembakan Ryan Bertrand masih melenceng tipis di sisi gawang.

Pada menit ke-38, Villa akhirnya mencatatkan tembakan tepat sasaran pertama mereka melalui Ollie Watkins yang sebelumnya berhasil menghindari hadangan Jack Stephens, tetapi kiper Alex McCarthy berhasil mengamankan bola.

Tiga menit kemudian, McCarthy tak bisa berbuat banyak ketika Barkley menyambut umpan silang Jack Grealish dengan sundulan ke pojok bawah gawang yang berujung keberhasilan Villa membuka keunggulan atas Southampton.

Baca juga: Arsenal tuntaskan revans atas Southampton

Memasuki babak kedua, Southampton terus berusaha mendominasi penguasaan bola tetapi peluang dari Che Adams pada menit ke-70 masih mengarah tepat ke tengah gawang untuk ditepis kiper Emiliano Martinez sebelum disapu oleh Cash.

Pada menit ke-84, Nathan Redmond berusaha menyambar bola liar di dekat kotak penalti tim tamu, sayang tembakannya masih membentur menghasilkan sepak pojok.

Sepak pojok tersebut berujung dengan aksi gemilang pertahanan Villa melakukan tiga sapuan beruntun atas sundulan Jan Bednarek, Che Adams dan Jack Stephens.

Pada menit ketiga injury time Ings akhirnya menjebol gawang Villa, tetapi gol itu segera dianulir karena ia terjebak posisi offside saat menyambar bola muntah hasil tembakan Bertrand dan skor 1-0 bagi tim tamu bertahan hingga bubaran.

Pada pertandingan selanjutnya, Southampton akan main lebih awal pada Selasa (2/2) pekan depan saat melawat ke markas Manchester United, sedangkan Villa baru tampil sehari berselang menjamu West Ham United di Villa Park.

Baca juga: MU cetak rekor saat imbangi Arsenal, jarak ke puncak melebar
Baca juga: Jesus kokohkan posisi Manchester City di puncak klasemen
Baca juga: Palace perpanjang tren buruk Wolverhampton
Baca juga: Callum Wilson pungkasi paceklik kemenangan Newcastle
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021