Saya senang kalau pemerintah juga berpendapat sama dengan PAN, alhamdulillah terima kasih. Jadi kan lebih ringan, berarti kan bagus
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengaku bersyukur sikap Presiden Joko Widodo sejak dengan partai-nya yaitu tidak ingin aturan tentang Pemilu diubah khususnya dalam proses revisi UU Pemilu yang saat ini sedang berjalan di DPR.

"Saya senang kalau pemerintah juga berpendapat sama dengan PAN, alhamdulillah terima kasih. Jadi kan lebih ringan, berarti kan bagus," kata Zulkifli usai Rapat Konsolidasi DPP PAN dengan Fraksi PAN DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan sikap Presiden tersebut berarti ide yang disampaikan partai-nya terkait RUU Pemilu direspon oleh pemerintah.

Menurut dia, partai-nya menolak revisi UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu adalah keputusan internal yang telah dilakukan kajian secara komprehensif dan tidak pernah dihubungi Presiden Jokowi terkait sikap partai-nya tersebut.

Baca juga: F-NasDem: Pilkada Serentak 2024 sebabkan hak publik terabaikan

Baca juga: MPR minta DPR-Pemerintah objektif terkait wacana jadwal Pilkada

"Terikait (sikap PAN) dalam RUU Pemilu, tidak ada kaitannya dengan pemerintah, jadi kita mengambil keputusan sendiri. Jadi kalau ada yang tanya apakah bertemu Presiden Jokowi membahas, tidak," ujarnya.

Menurut dia, partai-nya menolak revisi UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang prosesnya masih dalam tahap harmonisasi di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, karena partai-nya ingin semua pihak fokus dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

Dia mencontohkan persoalan bangsa seperti pandemik COVID-19 yang jumlahnya mengalami peningkatan signifikan, dan terkait masalah ekonomi juga menjadi persoalan yang diatasi khususnya dampak pandemik menyebabkan kondisi ekonomi masyarakat tidak baik.

"Masalah persaudaraan kebangsaan. Yang mulai goyah, mulai dari proses Pilpres sampai terus sekarang, bahkan melahirkan cebong kampret, itu kita perlu kebersamaan untuk merajut kembali merah putih itu," katanya.

Hadir dalam Rapat Konsolidasi DPP PAN dengan Fraksi PAN DPR RI antara lain Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Hatta Rajasa, Ketua Dewan Kehormatan PAN Sutrisno Bachir, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Eko Hendro Purnomo.

Baca juga: F-PKB yakin Pilkada Serentak nasional 2024 ciptakan stabilitas politik

Baca juga: Golkar cermati usulan parpol tunda pembahasan RUU Pemilu


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021