Srengseng Sawah 2 kemarin baru buka kapasitasnya ada 1.020 petak, kemarin baru terpakai 10-20 petak
Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta menyebut saat ini sudah memiliki tiga Taman Pemakaman Umum (TPU) yang digunakan untuk memakamkan jenazah dengan protokol pemulasaraan COVID-19 yakni di Tegal Alur, Bambu Ulung, dan di Srengseng Sawah 2.

"Unit non muslim di Tegal Alur dan unit muslim di Bambu Ulung yang terpakai. Sekarang ditambah jadi ada tiga termasuk Srengseng Sawah 2," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Ivan Murcahyo saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Dinas Pertamanan benarkan ada dana Rp185 miliar untuk makam COVID-19

Untuk di TPU Tegal Alur, ujar Ivan, jumlah petak makam non muslim tersisa sekitar 170 lubang kubur, sedangkan di TPU Bambu Apus masih ada 300 petak makam blok muslim dari 800 kuburan yang disiapkan Pemda DKI.

"Srengseng Sawah 2 kemarin baru buka kapasitasnya ada 1.020 petak, kemarin baru terpakai 10-20 petak," tuturnya.

Lebih lanjut, Ivan menuturkan bahwa ketiga TPU dengan pemakaman protokol COVID-19 itu masih menerima pemakaman dengan sistem tumpang yang ditumpuk dengan keluarga.

Baca juga: Wagub DKI: Permasalahan makam COVID-19 tak hanya di Jakarta

"Sementara untuk pemakaman baru enggak ada keluarga atau enggak ada lokasi yang bisa ditumpuk kami siapkan lokasi baru di tiga lokasi itu," tuturnya.

Meski demikian, kata Ivan, saat ini Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI tengah menyiapkan lima TPU untuk pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19 di Jakarta.

"Di Srengseng Sawah 2, Tegal Alur Jalan Sahabat, Rorotan, Kramat 3, sama Dukuh itu tetap kami masih siapkan," ucap Ivan.

Untuk TPU Rorotan, ujar Ivan, saat ini masih dalam persiapan dan ditargetkan akan rampung pada pertengah Februari 2021 mendatang dan bisa dipakai untuk memakamkan jenazah pasien konfirmasi COVID-19.

Baca juga: Lokasi makam muslim jenazah COVID-19 TPU Tegal Alur penuh

TPU Serengseng Sawah sendiri, ucap Ivan, bisa menerima jenazah untuk pengiriman dari wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.

Sedangkan TPU Bambu Apus dapat menerima jenazah COVID-19 dari wilayah Jakarta Utara, serta juga Jakarta Timur.

"Jadi dua titik ini cukup bisa mengakomodasi supaya tidak terlalu jauh transfer jenazah dari masing-masing wilayah kota," ucapnya.

Ivan juga mengungkapkan bahwa TPU Rorotan, digunakan untuk memakamkan COVID-19 jika TPU Bambu Ulung dan Tegal Alur sudah penuh dan tak bisa menerima jenazah pasien COVID-19.

"Tapi sampai saat ini masih bisa menampung," tutur Ivan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021