Simpang Empat,- (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, melonjak drastis hari ini dengan 11 kasus positif baru.

"Benar, hari ini ada penambahan 11 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Dengan demikian total kasus hingga saat ini mencapai 518 orang. Dari jumlah itu sembuh 460 orang, meninggal 32 orang dan masih dikarantina atau dirawat 26 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan ke-11 orang itu adalah wanita inisial YM (32), pria inisial CA (34), pria inisial ARA (3) dan pria inisial ZHA (10 bulan).

"Keempat orang itu merupakan warga Air Rau Kecamatan Kinali yang merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya," katanya.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah delapan orang

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah tujuh orang


Kemudian wanita inisial HM (28) warga Jorong Malasiro Kecamatan Luhak Nan Duo, wanita inisial IY (25) warga Jorong Pasaman Baru Kecamatan Pasaman, wanita inisial ML (28 ) warga Jorong Lubuk Puding Kecamatan Luhak Nan Duo dan wanita inisial E (44 ) warga PTPN VI Sarik Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo yang merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.

Selanjutnya wanita inisial FRP (24) warga Jorong Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo yang merupakan pelaku perjalanan.

Serta wanita inisial Y (54 ) warga Bancah Talang Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman yang merupakan pasien suspek COVID-19 dan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya dan wanita inisial LS (42) warga Lubuk Batang Nagari Kapar Kecamatan Luhak Nan Duo yang merupakan pasien suspek COVID-19.

"Untuk diketahui pasien Y dan LS sudah dalam perawatan di RS Ibnu Sina Simpang Empat," ujarnya.

Untuk sembilan pasien konfirmasi lainnya, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat serta direncanakan untuk diisolasi di RSUD, RS Ibnu Sina dan Diklat BKPSDM Talu.

Pihaknya juga telah melakukan pelacakan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

"Mari kita saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan COVID-19 ini dengan selalu bersikap kooperatif serta disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," ujarnya.*

Baca juga: 275 orang pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat sembuh

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat kembali bertambah lima orang

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021