Manggar, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan anggaran sebesar Rp26,4 miliar untuk pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 14,88 kilometer.

"Anggaran sebesar itu digelontorkan untuk enam proyek infrastruktur jalan dengan total panjang keseluruhannya 14,88 kilometer," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Belitung Timur, Idwan Fikri di Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan, sebanyak enam item proyek jalan tersebut, dua di antaranya adalah bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) reguler dan penugasan.

"Untuk DAK Reguler kita membangun ruas Jalan Birah-Selinsing di Kecamatan Manggar hingga Gantung, sepanjang 5,1 kilometer dengan anggaran Rp8,9 miliar, sedangkan DAK penugasan Jalan lanjutan di Gusong Cina Desa Batu Penyu Kecamatan Gantung sepanjang 1,26 kilometer, dengan anggaran Rp 3,15,” jelas Idwan.

Sedangkan empat proyek jalan lainnya memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Belitung Timur yaitu peningkatan jalan Dalam Simpang Pesak sepanjang 1,69 kilometer, Peningkatan Jalan Manggar – Mudong Gantung sepanjang 3,9 kilometer, Pembangunan Ruas Nyuruk – Tungkup Dendang sepanjang 1,5 kilo dan perawatan berkala jalan dalam Kota Manggar sepanjang 3,1 kilometer.

“Jalan Manggar – Pantai Mudong itu anggarannya Rp3,9 miliar, Ruas Nyuruk – Tungkup Rp2,642 miliar, berkala dalam kota Manggar Rp4,85 miliar, sisanya jalam dalam sebelah Kantor Camat Simpang Pesak,” jelasnya.

Selain pembangunan enam proyek jalan tersebut, pihaknya tahun ini juga akan bekerjasama dengan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) untuk pembuatan jalan desa ke lokasi wisata di Desa Kelubi Manggar.

“Ini jalan khusus untuk masuk ke lokasi wisata yang ada di sana, Bukit Pangkuan. Nanti kita gandeng TMMD,” ujar Idwan.
 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021