Kemarin, harga minyak tertinggi hingga jaringan serupa Pasar Muamalah

Kemarin, harga minyak tertinggi hingga jaringan serupa Pasar Muamalah

Ilustrasi - harga minyak dunia. ANTARA/Ardika/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (6/2) kemarin, mulai dari harga minyak dunia yang menyentuh level tertingginya dalam satu tahun, hingga temuan jaringan serupa Pasar Muamalah di Bantul, Yogyakarta.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Harga minyak sentuh tertinggi satu tahun, Brent dekati 60 dolar

Harga minyak menguat sekitar satu persen pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah menyentuh level tertingginya dalam satu tahun dan mendekati 60 dolar AS per barel, didukung oleh harapan kebangkitan ekonomi dan pembatasan pasokan oleh kelompok produsen OPEC dan sekutunya.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April mengakhiri sesi dengan bertambah 50 sen atau 0,9 persen, menjadi 59,34 dolar AS setelah mencapai level tertinggi sejak 20 Februari di 59,79 dolar AS.

Baca selengkapnya di sini

2. Menteri Trenggono ingin pastikan nelayan dapat uang pensiun

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menginginkan adanya kebijakan terobosan yang memastikan adanya jaminan hari tua atau uang pensiun untuk nelayan dalam rangka melindungi dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Perlindungan dan peningkatan kesejahteraan nelayan menjadi prioritas capaian Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). KKP berencana melakukan sejumlah terobosan untuk mencapai target tersebut, salah satunya memastikan adanya jaminan hari tua atau uang pensiun untuk nelayan," kata Menteri Trenggono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

3. Tujuh penerbangan di Bandara Semarang ditunda akibat banjir

Sebanyak tujuh jadwal penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, ditunda akibat banjir yang menggenangi di landasan pacu.

"Hingga saat ini ada tujuh jadwal penerbangan yang ditunda dan satu penerbangan yang dialihkan ke Surabaya yakni Garuda Indonesia GA 232 rute Jakarta-Semarang," kata Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Heri Trisno Wibowo saat dihubungi melalui telepon di Semarang, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

4. Airlangga sebut kelapa sawit komoditas paling efisien gunakan lahan

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kelapa sawit menjadi komoditas yang paling efisien dalam penggunaan lahan, dibandingkan dengan komoditas bahan baku minyak nabati lainnya.

Dengan produktivitas yang terbilang tinggi, kelapa sawit hanya menggunakan lahan lebih sedikit, yakni 0,3 hektare untuk menghasilkan minyak sawit (CPO) sebanyak 1 ton.

Baca selengkapnya di sini

5. Ada jaringan serupa Pasar Muamalah di Bantul

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan pasar yang diduga memiliki jaringan dengan Pasar Muamalah di provinsi itu baru ditemukan di Kabupaten Bantul.

"Sejauh ini di kabupaten lain belum ada kecuali di Kabupaten Bantul," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY, Yanto Apriyanto, saat dihubungi di Yogyakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021