LP3M gelar lokakarya pelaksanaan PLK mahasiswa UNP

LP3M gelar lokakarya pelaksanaan PLK mahasiswa UNP

Kegiatan lokakarya yang digelar oleh LP3M secara daring pada Senin. (Antarasumbar/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Lokakarya Pelaksanaan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) di Padang, Senin.

Ketua LP3M Prof Jamaris, M.Pd di Padang menyatakan UNP melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sudah hampir setiap semester. Ia berharap semoga LP3M melalui PPL kedepan akan terjadi peningkatan mutu dengan pelayanan automotic management serta sistem pelaksanaan PPL sudah otomatis dan digital.

"Tantangan ke depan, kita harus menciptakan pendidikan dan tenaga pendidik yang tangguh terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19," kata dia.

Pada kesempatan itu, Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D menyampaikan UNP akan terus berbenah untuk menjadi smart campus sehingga proses pelaksanaan tridharma perguruan tinggi bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja.

Baca juga: UNP kembangkan tiga destinasi wisata di Sumbar

Baca juga: Ahli psikososial UNP: Peramal jangan menjadi provokator masyarakat


Rektor UNP menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNP untuk PPL.

Ia juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota yang selalu membantu UNP dalam menghasilkan guru-guru yang profesional.

Rektor berharap semoga mahasiswa bisa menjadi duta dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dan siswa (peserta didik).

"Semoga Dinas Pendidikan bisa memanfaatkan mahasiswa PPL untuk membantu proses belajar menjadi lebih baik," ucapnya.

Sementara itu, kepala Pusat Pengalaman Lapangan Dr Sukardi, M.T. menyampaikan tujuan dari PLK untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa S1 prodi kependidikan dalam menerapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetisi pedagogi, kepribadian, sosial, dan penguasaan materi bidang secara utuh.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa penyebaran peserta PLK Kabupaten atau Kota telah 2 semester sejak tahun 2019 berbasis wilayah atau tempat tinggal.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Ketua LP3M, Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) , Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Didikpora) Propinsi Kabupaten atau Kota dan seluruh SMA.*

Baca juga: Empat prodi UNP kembali divisitasi lembaga internasional

Baca juga: 7.800 mahasiswa UNP ikuti Program Merdeka Belajar
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021