Badan jalan yang ambles memanjang sekitar 12 meter, sementara lebar retakan mencapai 3 meter yang menurut warga retakan kecil sudah muncul cukup lama.
Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kembali mengalami rekahan akibat pergerakan tanah yang menyebabkan sebagian permukaan jalas aspal ambles.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ponorogo Setyo Budiono, Senin menjelaskan, amblesnya badan jalan di titik Desa Wates Kecamatan Slahung itu merupakan yang kedua dalam kurun dua tahun terakhir.

"Yang dulu sudah diperbaiki, kini ambles lagi," ucapnya.

Badan jalan yang ambles memanjang sekitar 12 meter, sementara lebar retakan mencapai 3 meter. Informasi warga, retakan kecil memang sudah muncul cukup lama.

Hujan dengan intensitas curah tinggi dan terus-menerus selama beberapa pekan menyebabkan retakan terisi air dan diduga menjadi penyeban pergerakan tanah di bawahnya.
Baca juga: BBPJN kebut perbaikan jalan nasional ruas Trenggalek-Ponorogo
Baca juga: Ruas jalan Pacitan-Ponorogo terancam longsor
 
Pengendara melintas dekat titik lokasi jalan ambles di jalur Ponorogo-Pacitan di Desa Wates, Slahung, Ponorogo, Senin. (Ist)

"Untuk sementara sudah ditutup terpal. Langkah darurat ini untuk mengurangi masuknya air ke dalam retakan yang bisa menyebabkan badan jalan kembali ambles," kata Gendu, warga sekitar.

Akibat kerusakan tersebut, akses lalu lintas dari arah Ponorogo ke Pacitan ataupun sebaliknya tersendat.

Petugas dibantu warga terpaksa memberlakukan akses buka-tutup agar arus lalu-lintas tetap berjalan dengan sistem satu arah bergantian.

Untuk membantu pengguna jalan agar tidak melintas di jalan yang ambles dan tertutup terpal, petugas memasang garis polisi melingkari jalan yang rusak.

Beberapa warga juga sukarela membantu mengatur lalu lintas demi memastikan agar arus lalu lintas dari kedua arah tetap teratur, mengalir lancar.
Baca juga: Jalan nasional Ponorogo-Trenggalek longsor
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021