Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak karyawan BUMN yang pernah terinfeksi COVID-19 untuk donor plasma hingga manufaktur bertahan saat pandemi kemarin adalah beberapa pemberitaan ekonomi kemarin yang masih laik baca hari ini. Simak berita lainnya.

 

Bantu pasien Covid-19, Erick Thohir ajak karyawan BUMN donorkan plasma

Menteri BUMN Erick Thohir mengajak para karyawan dan keluarga BUMN yang pernah terinfeksi Covid-19 untuk mendonorkan plasmanya dalam rangka menyelamatkan pasien Covid-19.

"Saya berharap, nantinya semua yang sudah terinfeksi dan sesuai dengan persyaratan tentunya, mau mendonorkan plasmanya untuk sesama. Kami dari BUMN akan selalu siap membantu dengan semua sumber daya yang kami miliki,” ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

 

Bantah gagal panen, Mentan sebut food estate juga alami serangan hama

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo membantah isu soal gagal panen di proyek lumbung pangan atau food estate yang dicanangkan Pemerintah sejak tahun lalu di Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IV DPR RI, Mentan Syahrul menjelaskan bahwa dari 30.000 hektare lahan yang digarap oleh Kementerian Pertanian, tentu ada saja lahan yang mengalami kendala produksi, seperti serangan hama tikus.
 

Kemenperin jaga ketersediaan gula bagi industri makanan dan minuman

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya menjaga ketersediaan gula sebagai bahan baku industri makanan dan minuman (mamin) yang selama ini menjadi andalan dalam memacu pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional.

Pada tahun 2020 industri mamin mampu tumbuh positif sebesar 1,66 persen dengan kontribusi terhadap PDB industri pengolahan non-migas mencapai 38,29 persen dan terhadap PDB nasional sebesar 6,85 persen.

 

Sandiaga ajak milenial ciptakan lapangan kerja di sektor parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak kaum milenial mulai merintis usaha dengan menjadi wirausaha mandiri sekaligus ujung tombak pencetakan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga Uno, Senin, menjelaskan saat ini terdapat 34 juta warga yang menggantungkan hidupnya pada sektor parekraf. Untuk itu perlu peran pemuda milenial dalam membantu membuka lapangan pekerjaan yang bisa membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi.

 

Menperin: Manufaktur bertahan dan tumbuh saat dihantam pandemi

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan industri manufaktur di Tanah Air masih mencatat performa positif pada beberapa subsektornya meski tertekan dampak pandemi COVID-19, yang terlihat dari beberapa subsektor konsiten berkontribusi dan menopang angka pertumbuhan industri pengolahan pada kuartal IV tahun 2020,

“Memang secara tahunan industri pengolahan nonmigas terkontraksi sebesar 2,22 persen. Namun bila kita bandingkan dengan kuartal sebelumnya (q-to-q), saya melihat sudah ada tren positif dan pertumbuhan industri sudah mengalami rebound,” kata Menperin Agus lewat keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021