PWI Gresik lakukan vaksinasi pertama bagi jurnalis

PWI Gresik lakukan vaksinasi pertama bagi jurnalis

Sholihul Huda (tengah) jurnalis yang mendapat vaksinasi COVID-19 dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Selasa (9/2/2021) (ANTARA /A Malik Ibrahim)

Gresik, Jatim (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten, Jatim, melakukan vaksinasi pertama bagi kalangan jurnalis karena termasuk dalam masyarakat yang rentan terkonfirmasi serta sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19.

Ketua PWI Gresik, M Sholahudin di Gresik, Selasa, mengatakan pelaksanaan vaksinasi pertama bagi jurnalis merupakan kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, sebagai bagian memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 serta HUT ke-75 PWI.

Hud, panggilan akrab Sholahudin mengatakan vaksinasi juga bagian dari tema besar HPN 2021 yakni 'Bangkit dari Pandemi, Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan'.

"Vaksinasi bagi jurnalis ini mendukung upaya pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19, dan kami insan pers diharapkan menjadi akselerator perubahan tersebut," katanya.

Baca juga: Presiden: 5.000 vaksin COVID-19 diberikan ke insan pers akhir Februari

Baca juga: Kodam Brawijaya pastikan Kasdim Gresik dalam keadaan sehat


Plt. Bupati Gresik Mohammad Qosim mengapresiasi upaya PWI Gresik yang memberikan vaksinasi pertama bagi jurnalis di wilayah itu.

"Jurnalis merupakan seorang yang ada di garda depan dalam peliputan, sehingga vaksinasi ini merupakan upaya terbaik, dan kami sangat mengapresiasinya," kata Qosim, menjelaskan.

Pemerintah, kata Qosim, tidak ada artinya tanpa didukung jurnalis, dan upaya vaksinasi ini merupakan kecerdasan dalam melindungi jurnalis, serta menjadi satu-satunya di Indonesia.

Sementara Sholihul Huda yang disuntik vaksin pada kegiatan itu tidak merasakan apa-apa usai dan berharap akan diikuti seluruh jurnalis di Indonesia.

"Tidak merasakan apa-apa, dan kami imbau semua insan pers bisa divaksin dalam tahap selanjutnya," kata Huda yang merupakan jurnalis salah satu TV Nasional.

Ketua HPN 2021 PWI Kabupaten Gresik, Malik Ibrahim mengatakan, upaya vaksinasi bagi jurnalis adalah hal yang seharusnya sudah dilakukan, sebab jurnalis merupakan termasuk golongan yang rentan terhadap COVID-19.

"Kami dari panitia HPN 2021 mengapresiasi tanggapan Dinkes Gresik terhadap PWI, yang merespon cepat ketika kami mengajak untuk mengawali vaksinasi bagi kalangan jurnalis," katanya.

Sementara dalam vaksinasi itu turut hadir Plt. Bupati Gresik Mohammad Qosim, Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Dandim Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, Kepala Kejaksaan Gresik, Heru Winoto, Kepala Dinkes Gresik dr Saifudin Ghozali, serta Kepala Satpol PP Gresik, Abu Hasan.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah memasukkan kalangan wartawan menjadi salah satu kluster prioritas yang mendapatkan vaksinasi COVID-19, karena perannya yang harus bertemu banyak orang, sebagaimana juga tenaga kesehatan dan TNI-Polri, sehingga sangat rentan terpapar.*

Baca juga: Hoaks, Kasdim Gresik meninggal setelah divaksin COVID-19
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021