potensi hujan lebat di sejumlah daerah tersebut perlu diwaspadai adanya dampak banjir
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait masih berpotensinya hujan lebat yang dapat berdampak banjir di sejumlah daerah yang berlaku sejak 9-11 Februari 2021.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Harry T Djatmiko di Jakarta, Selasa, mengatakan daerah yang masih berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada Selasa (9/2) antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan.

Serta Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan disertai kilat dan angin di tiga wilayah

Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di daerah-daerah tersebut pada 10 hingga 11 Februari kecuali Aceh dan Sumatera Utara.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada 9 Februari yaitu DKI Jakarta, Maluku Utara dan Papua Barat, pada 10 Februari berpotensi terjadi di Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah hingga 11 Februari juga termasuk Sulawesi Selatan.

Baca juga: BMKG memperkirakan La Nina akan mulai meluruh pada Maret

Baca juga: BMKG rilis peringatan dini hujan lebat disertai petir-angin kencang


Berdasarkan potensi hujan dan hujan lebat di sejumlah daerah tersebut, perlu diwaspadai adanya dampak banjir maupun banjir bandang yang dapat berpotensi terjadi di Banten (siaga), Jawa Barat (siaga), Jawa Tengah (siaga), Jawa Timur (siaga), Aceh (waspada), Sumatera Utara (waspada), Jambi (waspada), Bengkulu (waspada), Sumatera Selatan (waspada), Lampung (waspada).

Begitu juga dengan wilayah DKI Jakarta (waspada), DI Yogyakarta (waspada), Bali (waspada), Nusa Tenggara Barat (waspada), Kalimantan Utara (waspada), Kalimantan Timur (waspada), Kalimantan Tengah (waspada), Kalimantan Selatan (waspada), Nusa Tenggara Timur (waspada), Sulawesi Tengah (waspada), Sulawesi Selatan (waspada) dan Papua (waspada).

Sebelumnya BMKG telah memprakirakan puncak musim hujan terjadi pada Januari-Februari 2021, disertai dengan fenomena La Nina dan sejumlah fenomena lainnya yang berdampak terjadinya cuaca ekstrem.

Baca juga: BMKG: Daerah pertemuan angin pengaruhi peningkatan intensitas hujan

Baca juga: BMKG perpanjang peringatan dini hujan lebat wilayah Jawa Tengah

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021