UNP gelar aksi bersih sungai di Batang Arau Padang

UNP gelar aksi bersih sungai di Batang Arau Padang

UNP berfoto bersama LANTAMAL II Teluk Bayur dan DLH Padang dalam kegiatan bersih sungai di Batang Arau Padang pada Rabu (10/2/2021). ANTARA/HO-UNP

Padang (ANTARA) - Civitas Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan aksi bersih sungai di Padang, Rabu, melalui program Batang Arau Cantik dan Harum.

Aksi bersih sungai tersebut diikuti oleh segenap civitas UNP yang terdiri dari Pusat Penelitian Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) UNP, Program Magister Ilmu Lingkungan dan Program Doktor Ilmu Lingkungan, Pascasarjana UNP dan forum lainnya.

"Beban pencemaran sungai semakin berat, disamping disebabkan oleh kegiatan industri juga masyarakat maka dari itu kami melakukan kegiatan ini untuk mengurangi sampah di sungai," kata Ketua PKLH UNP Dr Indang Dewata di Padang, Rabu.

Ia mengatakan tujuan dari kegiatan itu juga untuk memperbaiki kualitas air sungai, meningkatkan pemahaman masyarakat yang semuanya berujung kepada peningkatan kunjungan pariwisata, meningkatkan pendapatan nelayan, serta keindahan Kota Padang.

Baca juga: BRI kembalikan fungsi sungai Sukarame di Bandarlampung

Demi mempermudah kegiatan pembersihan sungai di Padang, sebelumnya Bank Nagari juga telah menyumbangkan satu kapal sapu sampah dengan mengunakan dana CSR kepada DLH Padang.

CSR ini sebagai bentuk dukungan bank dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas sampah khususnya di bantaran sungai di Kota Padang.

"Kami berharap langkah ini juga diikuti oleh dunia industri, bank lainnya dengan tetap melibatkan perguruan tinggi," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan, Pascasarjana UNP Prof. Dr. Eri Barlian menekankan perlunya kesadaran pelaku usaha dan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai.

Baca juga: Warga di Banjarmasin apresiasi BRI dalam program bersih-bersih kampung

"Perlu kesadaran dari pelaku usaha dan masyarakat bersama sama pemerintah dan lembaga terkait untuk menciptakan Batang Arau yang bersih dari sampah, sehingga Batang Arau Cantik dan Harum bisa dinikmati secepatnya," kata dia.

Selain itu, perwakilan Mahasiswa Doktor dan Magister Ilmu Lingkungan UNP Aprizon Putra, MSi, mengatakan akan melaksanakan riset bersama dengan seluruh mahasiswa Magister dan Doktor Lingkungan, dan Pascasarjana UNP dalam hal pengelolaan sampah berbasis masyarakat di sepanjang bantaran Batang Arau.

Pada kegiatan itu UNP juga digandeng oleh LANTAMAL II Teluk Bayur dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang untuk bersama-sama dalam Program Bersih Batang Arau.

Baca juga: Gerakan "Prokasih" ajak masyarakat Lumajang peduli kebersihan sungai
Baca juga: Gerakan Ciliwung Bersih inisiasi energi dari limbah sungai
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021