Sudin KPKP Jakarta Utara panen 60 kilogram bawang Brebes

Sudin KPKP Jakarta Utara panen 60 kilogram bawang Brebes

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara Unang Rustanto melakukan panen bawang jenis brebes di BPP Sukapura, Rabu (10/2/2021) (ANTARA/HO/Humas Pemkot Jakarta Utara)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara memanen 60 kilogram bawang merah jenis Brebes di Balai Penyuluhan Pertanian Sukapura, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu.

"Panen ini merupakan program uji coba pertama," kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto.

Baca juga: Sudin KPKP Jaksel gelar pelatihan peternakan perkotaan

Unang mengatakan sumber bibit bawang Brebes didapat dari UPT P2 BPT DKI Jakarta.

"Keberhasilan panen bawang merah itu untuk mencontohkan kepada masyarakat tentang pertanian perkotaan, yang bisa dikerjakan di lahan kecil dan hasilnya bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Unang.

Bawang itu dipanen dari lahan seluas 500 meter persegi dengan masa tanam kurang dari 50 hari. Idealnya kata dia, masa panen dilakukan setelah 60 hari tanam. Namun, dengan kondisi cuaca di BPP Sukapura sedang tidak baik, hujan terus-menerus dan ada genangan, sehingga waktu panen dipercepat.

Baca juga: Menikmati kesejukan di Agroeduwisata Ragunan

"Tidak untuk dijual terlebih dahulu, karena masih uji coba. Sebagian hasil panen akan dijadikan bibit dan sebagian digunakan untuk kebutuhan sendiri. Mungkin hasil penanaman selanjutnya yang akan dijual ke masyarakat," jelas Unang.

Baca juga: DKPKP upayakan pertanian kontrak antisipasi kenaikan harga cabai

Selain itu, Sudin KPKP Jakarta Utara akan melakukan panen cabai rawit di BPP Sukapura. Untuk masyarakat Jakarta Utara khususnya di wilayah Kecamatan Cilincing yang ingin mengetahui cara menanam, merawat cabai rawit sampai dengan panen dapat mengunjungi BPP Sukapura.

"Nantinya di sana masyarakat dapat belajar memaksimalkan pekarangan rumah sebagai lahan pertanian perkotaan secara langsung," kata Unang.
 
Pewarta : Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021