Penataan kawasan perlu dilakukan dalam rangka realisasi pengembangan potensi kawasan sekaligus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,
Temanggung (ANTARA) - Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengatakan penataan kawasan berbasis pariwisata diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi lokal maupun nasional.

"Penataan kawasan perlu dilakukan dalam rangka realisasi pengembangan potensi kawasan sekaligus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya pada serah terima pengelolaan kegiatan penataan bangunan dan lingkungan Kabupaten Temanggung tahun anggaran 2020 secara virtual di Temanggung, Jawa Tengah, Kamis.

Direktorat Jenderal Cipta Karya memiliki tugas dan fungsi, salah satunya untuk penataan bangunan dan lingkungan termasuk di dalamnya adalah penataan kawasan untuk wisata, kawasan religi, kawasan cagar budaya serta penataan kawasan ruang terbuka hijau publik.

Baca juga: Luhut ajak masyarakat bangga berwisata di Indonesia

Empat paket pekerjaan dengan dana APBN 2020 di Kabupaten Temanggung senilai Rp5,1 miliar tersebut, meliputi revitalisasi wisata Sirkuit Kedungrejo Desa Kedungumpul, Kecamatan Kandangan, revitalisasi wisata Tuk Mulyo, Desa Pandemulyo, Kecamatan Bulu, revitalisasi wisata Sendang Sengon, Desa Banjarsari, Kecamatan Ngadirejo dan revitalisasi wisata religi Makam Makukuhan Desa Wonosari, Kecamatan Bulu.

Ia menyampaikan sebagai upaya tindak lanjut dan juga implementasi dari revitalisasi kawasan yang berpotensi untuk dikembangkan dan juga untuk menambah magnet pengunjung maka diperlukan pembangunan kawasan wisata.

Diana menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan yang diberikan berupa pembangunan sarana prasarana yang memadai dan tujuannya adalah agar bisa memberikan ruang bagi pengunjung untuk lebih aman, nyaman, sehat, dan tentunya mudah untuk dijangkau dan tetap memperhatikan, mempertimbangkan, persyaratan administrasi serta persyaratan teknis dari bangunan gedung.

Baca juga: Disbudpar Lombok Utara siapkan paket wisata menyelam di tiga gili

Ia menuturkan penataan di Kabupaten Temanggung ini ada 4. kalau dilihat investasinya cukup banyak dan pihaknya berharap setelah penyerahan ini untuk dilakukan pengelolaan dan juga pemeliharaan serta perwatan.

"Kalau tidak dirawat tentunya akan mengalami kondisi yang tidak bagus dan akan menjadi suatu yang mangkrak, kami mohon kiranya bupati dan jajarannya bisa memelihara dan merawat dengan baik agar nanti tetap bisa bermanfaat bagi masyarakat dan juga wisatawan lokal maupun nasional," katanya.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Pembangunan tersebut sudah selesai dan sangat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana mengatakan dengan diserahkannya hasil kegiatan ini diharapkjan segera dimanfaatkan oleh masyarakat setempat di bawah kepemimpinan kepala desa.

"Pemerintah desa melalui BUMDes bisa mengelola langsung dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021