Wagub Papua ajak kepala OPD sukseskan PON XX

Wagub Papua ajak kepala OPD sukseskan PON XX

Ilusterasi PON XX Papua yang akan berlangsung pada Oktober 2021.(ANTARA News Papua/dokumenasi PB PON Papua)

Jayapura (ANTARA) - Wakil Gubernur Provinsi Papua Klemen Tinal mengajak kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Papua untuk mensukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober 2021.

"Saya mengajak kepala OPD untuk bekerja membantu PB PON sukseskan PON XX, ini merupakan hajat besar dan sejarah bagi masyarakat Papua,"ujar Wagub di Jayapura melalui laman Pemprov Papua, Jumat.

Wagub Klemen Tinal menegaskan, pemerintah akan mendukung PB PON, agar event olahraga empat tahunan ini dapat berlangsung dengan sukses dan lancar.

"Dua tahun lalu kita sudah Road Show ke sejumlah Kementerian RI di Jakarta bertujuan untuk menyukseskan penyelenggaraan PON. Kepala-kepala OPD menindaklanjuti apa yang akan dibantu kementerian untuk PON di Papua," jelas Wagub saat menyerahkan DPA tahun anggaran 2021.

Menurutnya, jadwal PON XX Papua tinggal enam bulan lagi dan walaupun PON ini agenda negara, tetapi Provinsi Papua sebagai tuan rumah harus bangga karena untuk pertama kalinya tanah Papua dipercayakan menjadi tuan rumah event ini.

"Kita harus serius bekerja, jangan tinggalkan PB PON bekerja sendiri, kita harus bantu supaya PON di Papua sukses, dan peserta yang datang dan akan pulang membawa kesan yang baik tentang tanah Papua,"harap Wagub Klemen Tinal.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat mengingatkan, bahwa PON di Papua itu bukan hanya kompetisi olahraga semata. Namun PON adalah arena bersama untuk merayakan keragaman, mempertebal semangat persaudaraan dan arena memperkuat persatuan dan kesatuan.

Terkait pembangunan infrastruktur pendukung Presiden Jokowi meminta agar infrastruktur tersebut tidak hanya bermanfaat pada saat PON saja.

Ia berharap agar masyarakat masih bisa memanfaatkan infrastruktur yang dibangun dalam jangka waktu yang panjang.

Sehingga, jangan sampai setelah pelaksanaan PON prasarana olahraga yang sudah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit justru tidak dimanfaatkan dan menjadi rusak.

Wagub menyebut, dengan adanya gelaran PON XX maka venue-venue telah dibangun megah di Provinsi Papua.

"Pembangunan venue tersebut diharapkan tidak hanya untuk gelaran PON saja, tetapi juga bisa dipakai oleh masyarakat Papua sebagai arena olahraga bagi masyarakat, sehingga kelak akan lahir atlet-atlet berbakat asal bumi cenderawasih,"harap Wagub Klemen Tinal.

Baca juga: Pembangunan venue sepatu roda PON Papua bertaraf dunia capai 70 persen
Baca juga: PON hingga pembangunan dibahas Ketua DPD RI dan Wagub Papua
Baca juga: KONI Pusat: izin kompetisi olahraga jadi awal bagus untuk PON Papua
Baca juga: Kunker ke Papua, Ketua DPD RI pastikan venue PON Papua siap digunakan


 
Pewarta : Muhsidin
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021