Karawang (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyerahkan paket bantuan untuk korban banjir Karawang, di Kantor Desa Karangligar, Jalan Pertamina 2, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu.

Di lokasi di Kecamatan Teluk Jambe Barat tersebut, Wapres secara simbolis menyerahkan bantuan dari Presiden, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah pusat kepada korban bencana banjir yang melanda Kabupaten Karawang dan sekitarnya.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako dari Presiden. Kemudian 600 paket makanan siap saji, 300 paket makanan anak, 300 lembar selimut, 300 lembar matras, 200 lembar kasur, 50 paket perlengkapan anak, dengan total senilai Rp252.764.600.

Selain itu juga ada bantuan masker 300.000 buah, alat tes cepat antigen 10.000 unit, sarung 5.000 buah, matras 1.000 buah.

Dalam sambutannya Wapres menyampaikan Presiden dan dirinya prihatin atas musibah banjir yang terjadi di Karawang.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin akan tinjau korban banjir di Subang dan Karawang

Wapres kembali menekankan bahwa upaya penanganan harus dilakukan bersama-sama.

Baca juga: Sebanyak 8.648 orang mengungsi akibat banjir di Karawang

"Di Jepang walau daerah bencana, tapi mereka siap, cepat sekali untuk mengantisipasi dan tanggap bencana yang mereka lakukan. Dan kita juga telah berkomitmen secara global yang disepakati PBB untuk menangani pascabencana ini, yaitu dengan cara lebih aman dan lebih berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga: Ratusan warga Karawang mengungsi akibat banjir

Wapres meminta Kementerian PUPR dan kementerian terkait lainnya mencermati harapan Bupati Karawang, terkait pembangunan bendungan dan normalisasi sungai.

Wapres menegaskan pemerintah pusat akan terus memantau sumber-sumber terjadinya bencana di berbagai daerah di Tanah Air.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021