Brighton dominan tapi cuma main nirgol lawan Villa

Brighton dominan tapi cuma main nirgol lawan Villa

Kiper Aston Villa Emiliano Martinez melakukan penyelamatan gemilang dalam lanjutan Liga Inggris melawan Brighton & Hove Albion di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Sabtu (13/2/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Neil Hall.

Jakarta (ANTARA) - Brighton & Hove Albion tampil dominan saat menjamu Aston Villa tetapi harus berupa dengan satu poin setelah pertandingan pekan ke-24 Liga Inggris itu berakhir imbang nirgol di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Tak kurang dari 24 percobaan tembakan dilepaskan Brighton sepanjang laga, yang sembilan di antaranya menemui sasaran, tetapi kiper Emiliano Martinez tampil gemilang mengawal gawang Villa untuk menghasilkan satu poin bagi tim tamu.

Dua penyelamatan gemilang Martinez diperlihatkan pada menit-menit akhir babak pertama, ketika ia menepis tembakan Leandro Trossard dari tepian kotak penalti dan sundulan Daniel Burn dalam situasi sepak pojok.

Dua menit memasuki babak kedua, Villa mencatatkan satu-satunya tembakan tepat sasaran mereka sepanjang laga melalui Ross Barkley yang mendapat ruang di tepian kotak penalti, tapi kiper Robert Sanchez sigap mengamankan bola.

Semenit berselang, Martinez kembali unjuk kemampuan dengan lompatannya ke area tiang jauh untuk menghentikan tembakan Alexis Mac Allister.

Baca juga: Gundogan kembali bersinar saat Manchester City bungkam Tottenham 3-0

Brighton terus menekan dan Graham Potter sulit menjelaskan mengapa timnya tak kunjung memperoleh keunggulan, kecuali akibat penampilan gemilan Martinez yang melakukan aksi penyelamatan cermat atas tembakan Joel Veltman pada menit ke-64.

Pada menit ke-84, Martinez kembali berada di posisi yang tepat untuk mementahkan peluang jarak dekat Danny Welbeck.

Dua menit berselang, para pemain Villa menuntut hadiah tendangan penalti ketika Trezeguet jatuh di dalam area terlarang akibat tekanan dari Lewis Dunk, tetapi wasit Darren England lekas mengabaikannya.

Pertandingan ditutup dengan penyelamatan gemilang lain dari Martinez untuk menghentikan tembakan voli Trossard saat ia menyambar bola tendangan bebasnya yang membentur pagar hidup.

Baca juga: Jay Rodriguez pimpin Burnley bungkam Crystal Palace 3-0

Hasil imbang tersebut menjaga tren nirkalah Brighton menjadi enam pertandingan beruntun dan tambahan satu poin cukup untuk merestorasi posisi mereka di urutan ke-15 dengan koleksi 26 poin, setelah sempat digusur Burnley (26).

Sedangkan Villa (36), meski kesulitan menjaga konsistensi seperti awal musim, naik ke urutan kedelapan memanfaatkan kekalahan Tottenham Hotspur (36) di pertandingan lebih dini, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Villa akan main lebih awal untuk pertandingan selanjutnya pada Minggu (21/2) pekan depan saat menjamu Leicester, sedangkan Brighton kembali main di kandang menghadapi Crystal Palace sehari kemudian.

Baca juga: Alisson blunder lagi, Liverpool takluk di markas Leicester
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021