Paket vaksin COVID-19 pertama buatan Pfizer tiba di Kolombia Senin

Paket vaksin COVID-19 pertama buatan Pfizer tiba di Kolombia Senin

Warga memakai masker pelindung berbaris di luar sebuah bank di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Bogota, Kolombia, Rabu (1/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Luisa Gonzalez/nz/cfo.

Bogota (ANTARA) - Paket pertama vaksin COVID-19 untuk Kolombia akan tiba di Bogota, Senin siang waktu setempat, kata Presiden Ivan Duque saat menyampaikan pengumuman pada Senin pagi.

Pemerintah Kolombia minggu lalu mengatakan lebih dari 5,7 juta dosis vaksin COVID-19 dari berbagai produsen akan tiba di Bogota pada Februari dan Maret 2021.

Otoritas kesehatan setempat berencana memulai vaksinasi pada Sabtu.

Baca juga: Kolombia setujui vaksin Pfizer-BioNTech untuk penggunaan darurat

"Hari ini kita mengenang seluruh korban yang meninggal karena COVID-19, lebih dari 57.000 warga Kolombia yang tidak tergantikan, mereka yang meninggalkan kekosongan (di hati kita, red), dan yang akan selalu kita hormati lewat perjuangan melawan virus menggunakan vaksin," kata Duque saat memberi sambutan sebagaimana dikutip dari sebuah video yang beredar di media sosial.

"Paket vaksin pertama yang dikirim oleh perusahaan farmasi Pfizer akan tiba siang ini, membawa 50.000 vaksin pertama dari Belgia ke negara kita," kata Duque.

Ia menambahkan pemerintah menargetkan memvaksin satu juta warga dalam waktu 30 hari.

Sebanyak 50.000 vaksin itu merupakan bagian dari paket berisi 1,65 juta vaksin COVID-19 buatan Pfizer yang sisanya akan dikirim bertahap dalam tiga minggu mendatang.

Kolombia melaporkan lebih dari 2,1 juta kasus positif COVID-19 sejak tahun lalu.

Sumber: Reuters

Baca juga: COVAX pasok Kolombia hingga 4,4 juta dosis vaksin virus corona

Baca juga: Moderna teken perjanjian pasok vaksin COVID bagi Taiwan, Kolombia
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021