kolaborasi antara BUMN dengan Pemerintah Daerah dalam upaya pengembangan UMKM Indonesia, yang dapat menciptakan optimisme bagi UMKM untuk bangkit khususnya dalam masa pandemi ini
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura Retail, salah satu anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero), menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Sarinah (Persero) dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka mendukung pengembangan dan pemasaran produk UMKM Kalimantan Selatan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

“Bentuk kerjasama ini merupakan suatu kolaborasi antara BUMN dengan Pemerintah Daerah dalam upaya pengembangan UMKM Indonesia, yang dapat menciptakan optimisme bagi UMKM untuk bangkit khususnya dalam masa pandemi ini," ujar Staf Ahli Bidang Keuangan & Pengembangan UKM Kementerian BUMN RI, Loto Srinaita Ginting dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Selasa.

Dengan demikian, menurut Loto, diharapkan dapat mendorong terwujudnya UMKM Tangguh, Indonesia Maju. Harapannya semoga pola kolaborasi ini juga dapat diimplementasikan pada daerah lainnya.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura Retail Edyana Paramitasari, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan Gustafa Yandi, dan Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati, yang juga disaksikan secara daring oleh Staf Ahli Bidang Keuangan & Pengembangan UKM Kementerian BUMN RI Loto Srinaita Ginting serta Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji pada Senin (15/2) di Kantor Pusat PT Sarinah, Jakarta.

"Kerja sama antara Angkasa Pura Retail dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel dan Sarinah ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I untuk turut berkontribusi terhadap pengembangan pelaku UMKM di wilayah bandara Angkasa Pura I beroperasi, yang dilakukan melalui sinergi dan kolaborasi dengan para stakeholder terkait. Kerja sama ini turut mendukung program Galeri UMKM di bandara-bandara Angkasa Pura I," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Dia mengatakan melalui Galeri UMKM di bandara ini, para UMKM yang berada di wilayah bandara Angkasa Pura I memiliki kesempatan untuk memanfaatkan galeri tersebut sehingga meningkatkan peluang produk-produk mereka dapat diperkenalkan dan dipasarkan ke penumpang pesawat.

Kerja sama antara tiga pihak ini mencakup mekanisme pengelolaan gerai seluas 232 meter persegi di Bandara Syamsudin Noor untuk produk-produk UMKM Kalimantan Selatan. Pada kerjasama ini, Angkasa Pura Retail dan Sarinah berperan sebagai kurator dan operator Galeri atau Gerai UMKM. Sedangkan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai pembina pelaku UMKM di Kalimantan Selatan, menghubungkan pelaku UMKM dan menyediakan produk-produk UMKM Kalimantan Selatan untuk dikurasi oleh Angkasa Pura Retail dan Sarinah.

"Kerjasama ini sesuai dengan misi transformasi Sarinah sebagai perekat dan pelontar produk nusantara unggulan khususnya ke pasar global baik melalui gerai-gerai duty free, House of Indonesia maupun melalui ekspor," ujar Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati.

Sementara itu Direktur Utama PT Angkasa Pura Retail Edyana Paramitasari mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan awal yang baru terkait pengembangan kerja sama antara Angkasa Pura Retail dan Sarinah dengan pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM dalam rangka turut mengembangkan industri UMKM di daerah. Kerja sama ini direncanakan juga akan dikembangkan di bandara lainnya di bawah naungan Angkasa Pura I.

Baca juga: Angkasa Pura I sediakan galeri UMKM di bandara
Baca juga: Menhub luncurkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Soekarno-Hatta
Baca juga: AP II beri diskon 50 persen biaya sewa UMKM di bandara

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021