Jadi yang ke sini nanti itu yang sudah terdaftar dengan menunjuk kupon
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Pasar Tanah Abang menggunakan sistem kupon bagi pedagang yang akan mengikuti vaksinasi massal pada Rabu (17/2) untuk mencegah kerumunan sesuai penerapan protokol kesehatan COVID-19.

"Kita pakai sistem kupon ya. Jadi yang ke sini nanti itu yang sudah terdaftar, orang yang kita tempatkan di ruang tunggu, itu orang kita kasih kupon. Itu tertera jam dan lokasinya," kata Direktur Utama PT Cakrawala Tirta Buana selaku Pengelola Pasar Tanah Abang blok A Indiarto Tanumihardja saat ditemui, Selasa.

Baca juga: TNI-Polri perkuat kegiatan vaksinasi massal pedagang Tanah Abang

Kupon yang dibagikan awalnya sudah disiapkan oleh PD Pasar Jaya, namun tak lama berselang kupon itu diganti oleh kupon yang telah disiapkan dari Kementerian Kesehatan.

Kupon tersebut menunjukkan waktu pelaksanaan vaksin, lokasi vaksinasi, hingga keperluan yang harus dibawa oleh peserta vaksin.

Sebagai contoh untuk vaksinasi massal bagi pegawai pengelola pasar ada enam jenis kupon yang disiapkan untuk vaksinasi perdana di Pasar Tanah Abang blok A.

Baca juga: Kemenkes siapkan pendaftaran langsung vaksinasi di Pasar Tanah Abang

Hal yang membedakan dari masing-masing kupon adalah waktu pelaksanaan yang diharapkan dapat mengurangi kerumunan.

Untuk vaksinasi pedagang akan difokuskan di lantai 8 Pasar Tanah Abang blok A yang merupakan lokasi foodcourt, sementara itu untuk peserta vaksinasi massal yang merupakan pegawai pengelola pasar akan mendapatkan vaksin di lantai 12 Pasar Tanah Abang Blok A.

Selain menyiapkan sistem kupon, petugas keamanan dari Satpol PP Jakarta Pusat, Polres Jakarta Pusat, dan Kodim 0501/ JP BS disiapkan sebanyak 100 orang untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker hingga penjagaan jarak.

Baca juga: Kemenkes pastikan 9791 pedagang Pasar Tanah Abang ikuti vaksinasi

Adapun pada hari pertama vaksinasi massal di Pasar Tanah Abang diperkirakan 1500- 2000 pedagang menerima vaksin dari total 9.791 pedagang yang sudah terdata.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021