Waspada kurang lebih 4,5 jam ke depan
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menginformasikan kenaikan tinggi muka air Pos Cipinang Hulu pada Jumat pukul 06.00 WIB dengan ketinggian 165 cm sehingga statusnya waspada atau siaga III.

"Waspada kurang lebih 4,5 jam ke depan, air akan sampai di Pintu Air Pulo Gadung," demikian keterangan BPBD DKI Jakarta melalui akun twitter resminya @BPBDJakarta dilansir di Jakarta, Jumat.

Adapun wilayah yang perlu melakukan antisipasi, lanjut BPBD DKI yakni Cibubur, Cipinang, Cipinang Besar Selatan, Cipinang Besar Utara, Dukuh dan Halim Perdana Kusuma.

Berikutnya wilayah, Kebon Pala, Kramat Jati, Makasar, Pekayon, Pinang Ranti dan Rambutan.

BPBD mencatat kenaikan muka air Pos Cipinang Hulu pukul 04.00 WIB pada posisi 140 sentimeter (cm) status normal atau siaga IV.

Baca juga: 11 wilayah RW di Jakarta Barat tergenang air hujan

Hujan yang masih mengguyur membuat tinggi muka air bertahan 140 cm hingga pukul 05.00 WIB.

Untuk ukuran normal ketinggian muka air di Pos Pantau Sunter Hulu di bawah 140 cm.

BPBD DKI terus memperbaharui informasi peringatan dini terkait kenaikan atau pun penurunan tinggi muka air di pos pantau dan pintu air.

Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan (TREAK), PSTA-LAPAN sebelumnya memperkirakan akan terjadi hujan ekstrem di kawasan Jakarta pada 19-20 Februari 2021 sejak pukul 23.00 WIB dengan intensitas yang meluas dan memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang hingga Karawang.

Hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB. Setelan itu intensitas akan berkurang terhadap waktu, namun hujan dalam skala meso atau luas akan persisten terjadi sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2, sembilan kawasan Jakarta waspada banjir

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021