kondisi terakhir posisi air sudah surut
Jakarta (ANTARA) - Genangan yang terjadi di sejumlah titik di wilayah Kemang, Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan berangsur surut pada Jumat pukul 09.45 WIB.

"Kami melaporkan ada tiga titik genangan terpantau di wilayah Bangka, yakni Kemang Timur XI, Kemang Utara IX dan Kemang Utara VII, kondisi terakhir posisi air sudah surut, ketinggian tinggal 30 sentimeter (cm)," kata Lurah Bangka, Novia Ernita, saat dihubungi, di Jakarta.

Novia menyebutkan, air mulai naik menggenang kawasan pemukiman warga sejak pukul 03.50 WIB dengan ketinggian air bervariasi.

Genangan di Kemang Timur XI terjadi di RT 012/RW 03, ketinggian 15 cm. Kemang Utara IX genangan terjadi di RT 011/RW 04, ketinggian 25 cm.

Baca juga: 21 wilayah Jakarta berpotensi banjir imbas hujan deras

Selanjutnya, genangan di Kemang Utara VII RT 012/RW 04, ketinggian 30 cm dan Kemang Selatan XI berada di RT 03/RW 02 yang merupakan daerah rawan banjir tercatat nihil genangan.

Novi mengatakan, tidak ada warga yang mengungsi di tempat pengungsian. Beberapa warga yang rumahnya berada di posisi rendah mengungsi sementara ke rumah tetangganya yang lebih tinggi posisinya.

Saat ditanya apa penyebab genangan, Novi mengatakan akibat curah hujan yang tinggi sejak Kamis malam hingga Jumat dini hari, ditambah kenaikan muka air Kali Mampang.

"Penyebabnya curah hujan tinggi sejak kemarin, terus Kali Mampang juga naik," kata Novi.

Baca juga: Tiga pintu air berstatus siaga II warga Jakarta diimbau waspada

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021