Kami sekarang bermaksud menawarkan suntikan kepada setiap orang dewasa pada akhir Juli, membantu kami yang paling rentan lebih cepat, dan mengambil langkah lebih lanjut untuk meringankan beberapa pembatasan yang berlaku
London (ANTARA) - Semua orang dewasa di Inggris akan ditawari suntikan pertama vaksin COVID-19 pada akhir Juli, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan pada Sabtu menjelang pengumuman yang direncanakan tentang pembukaan kembali dengan waspada atas kegiatan ekonomi setelah karantina wilayah .

Johnson akan menetapkan peta jalan untuk memudahkan penguncian nasional ketiga Inggris pada hari Senin, setelah memenuhi target untuk memvaksin 15 juta warga Inggris dari kategori berisiko tinggi pada pertengahan Februari.

Inggris sekarang bermaksud memberikan dosis pertama untuk semua orang yang berusia di atas 50 tahun pada 15 April, kata pemerintah, setelah sebelumnya mengindikasikan bahwa pihaknya ingin mereka menerima suntikan pada Mei.

Jika semua orang dewasa menerima dosis pada akhir Juli, itu akan jauh lebih cepat dari target sebelumnya bahwa mereka akan menerima vaksin pada musim gugur.

Setelah menderita korban tewas resmi COVID-19 kelima terburuk di dunia dan serangkaian kecelakaan dalam respons pandemi, pemerintahan Johnson bergerak lebih cepat daripada kebanyakan negara Barat untuk mengamankan pasokan vaksin, menjadikannya melangkah terlebih dulu..

Johnson memperingatkan bahwa ada kebutuhan untuk menghindari rasa puas diri, seraya menambahkan bahwa penguncian hanya akan dicabut secara perlahan.

"Kami sekarang bermaksud menawarkan suntikan kepada setiap orang dewasa pada akhir Juli, membantu kami yang paling rentan lebih cepat, dan mengambil langkah lebih lanjut untuk meringankan beberapa pembatasan yang berlaku," kata Johnson dalam sebuah pernyataan.

"Tapi seharusnya tidak ada keraguan - jalan keluar dari penguncian akan dilakukan dengan hati-hati dan bertahap, karena kita semua terus melindungi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita."

Sejauh ini, Inggris telah memberikan dosis pertama vaksin kepada 17,2 juta orang, lebih dari seperempat dari 67 juta populasinya dan hanya tertinggal dari Israel dan Uni Emirat Arab dalam memvaksin populasi per kepala.

Dua vaksin - satu dibuat oleh Pfizer dan BioNTech, dan satu lagi dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca - sedang diluncurkan, dan pejabat Inggris telah menyarankan bahwa mungkin ada jeda 12 minggu antara dosis (pertama dan kedua).

Sumber: Reuters

Baca juga: Inggris akan izinkan pertemuan keluarga selama Paskah

Baca juga: Inggris serukan gencatan senjata untuk akses vaksin di zona konflik

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021