Pertamina Mandalika SAG Team resmi luncurkan motor untuk Moto2 2021

Pertamina Mandalika SAG Team resmi luncurkan motor untuk Moto2 2021

Tangkapan layar video peluncuran tim Pertamina Mandalika SAG di Youtube. ANTARA/Aditya E.S. Wicaksono.

Jakarta (ANTARA) - Pertamina Mandalika SAG Team memamerkan motor baru mereka untuk menantang musim kompetisi Moto2 tahun ini lewat video peluncuran yang disiarkan di kanal media sosial pada Rabu.

Aliansi baru antara tim Indonesia, Mandalika Racing Team dan SAG Team dari Spanyol itu akan bertumpu kepada kedua pebalap baru mereka yaitu Tom Luthi asal Swiss dan Bo Bendsneyder dari Belanda untuk bertarung memperebutkan titel kejuaraan dunia Moto2 2021.

Sebelumnya, SAG Team menutup musim 2020 di peringkat enam klasemen dengan raihan 160 poin.

Baca juga: Mandalika Racing Team resmi gandeng SAG Team untuk Moto2 2021

"Kami sangat bersyukur dengan dukungan yang kami dapatkan dari Indonesia. Kami harus lebih baik dari musim lalu dan ini adalah kesempatan kami untuk menunjukkan potensi kami sesungguhnya," kata manajer tim SAG Edu Perales.

Tim seharusnya mengenalkan motor mereka pada Selasa namun terpaksa ditangguhkan karena dunia balap berduka setelah mendapat kabar meninggalnya kepala tim Gresini, Fausto Gresini, yang juga merupakan juara dunia kelas 125cc karena komplikasi menyusul infeksi COVID-19.

Baru hari ini motor bersasis Kalex yang dibalut dengan livery perpaduan warna biru, dengan sentuhan motif batik, putih dan merah diperlihatkan kepada publik.
 


Namun sayang, perwakilan Indonesia tidak bisa menghadiri acara peluncuran tersebut karena pandemi.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Pertama Mandalika SAG Team sebagai tim balap Moto2 Indonesia yang pertama dan baru saja diluncurkan," kata direktur Mandalika Racing Team Kemalsyah Nasution.

Baca juga: Mandalika Racing Team Indonesia pasang target 10 besar di Moto2 2021

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Stop and Go racing team yang telah bersedia berkolaborasi dengan kami.

"Semoga tim balap Moto2 Indonesia ini bisa lebih mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional."

Seperti yang disebut oleh Dorna Sports, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar untuk MotoGP dengan jumlah fan yang cukup banyak.

Partisipasi Indonesia di ajang MotoGP tahun ini juga bertambah dengan terbentuknya tim Indonesian Racing Gresini Team Moto3 yang akan meramaikan persaingan di kelas ringan itu.

Baca juga: Gandeng Gresini, Indonesian Racing rilis motor Moto3 dan Moto2 2021

Indonesian Racing merupakan brand yang dikembangkan oleh perusahaan manajemen olahraga MP1.

Saat ini hanya terdapat satu pebalap Indonesia yang berkompetisi di sirkus MotoGP yaitu Andi Farid Izdihar, yang akan memulai perjuangannya di kelas Moto3 bersama Idemitsu Honda Team Asia, setelah tahun lalu turun di kelas Moto2 bersama tim tersebut.

Sedangkan Dimas Ekky Pratama akan membalap di seri FIM CEV Moto2 setelah gagal mendapat restu dari Dorna untuk kembali ke Moto2 tahun ini.

Baca juga: Dimas Ekky resmi bakal turun dalam FIM CEV Moto2
Baca juga: Dimas Ekky persiapkan mental dan fisik jelang debut tim Mandalika


Sementara itu Sirkuit Mandalika, yang masih dalam tahap konstruksi, berada di dalam daftar sirkuit cadangan di kalender provisional MotoGP tahun ini.

Musim MotoGP 2021 akan dimulai di Qatar pada 28 Maret nanti.

 
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021