Telkomsel berkomitmen tingkatkan pemerataan sinyal 4G

Telkomsel berkomitmen tingkatkan pemerataan sinyal 4G

ilustrasi Petugas melakukan perawat BTS (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)

Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Telkomsel berkomitmen untuk meneruskan pemerataan infrastruktur dan kualitas jaringan 4G di seluruh wilayah Indonesia tahun ini.

"Dengan semakin tingginya kebutuhan pengalaman gaya hidup digital masyarakat terutama di masa yang penuh tantangan ini, Telkomsel akan mengarahkan rencana pembangunan pemerataan infrastruktur dan kualitas broadband dengan pemerataan akses 4G/LTE sepanjang 2021 yang juga didampingi dengan penambahan kapasitas dan kecepatan jaringan," kata Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, dalam siaran pers, Kamis.

Pembangunan jaringan yang didasari penambahan kapasitas dan kecepatan jaringan merupakan cara operator seluler milik negara ini untuk menjawab kebutuhan pelanggan, yang banyak mengandalkan internet selama pandemi virus corona.

Baca juga: Operator seluler kaji aturan soal pajak pulsa

Baca juga: Operator seluler hormati putusan Kominfo hentikan seleksi 2,3GHz


Tahun lalu, Telkomsel menemukan ada lonjakan signifikan untuk traffic payload layanan broadband.

"Pada tahun ini, secara keseluruhan Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan trafik akses broadband yang masih sangat tinggi. Memahami hal tersebut, Telkomsel juga akan melanjutkan fokus pada pengembangan cakupan layanan VoLTE serta mengkaji penerapan teknologi pendukung terbaru seperti Open RAN di Indonesia guna memastikan kesetaraan pengalaman broadband masyarakat terpenuhi," kata Nugroho.

Telkomsel tahun ini fokus pada pengembangan jaringan yang mementingkan pengalaman digital pengguna yang beradaptasi dengan gaya hidup baru selama pandemi.

Pemerataan akses jaringan 4G/LTE di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) dilakukan dengan membuat lebih dari 2.000 menara BTS di wilayah-wilayah yang menjadi bagian proyek BTS universal service obligation (USO).

USO merupakan program dari Badan Aksesbilitas dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pemerataan dan kesetaraan akses internet broadband di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara untuk wilayah non-3T, Telkomsel berkomitmen untuk 1.500 menara BTS 4G/LTE. Upaya Telkomsel ini juga untuk mendukung program pemerintah menyediakan jaringan 4G/LTE di seluruh Indonesia pada 2022.

Telkomsel mengutip data Speedtest Global Index yang disusun Ookla, memiliki kecepatan akses 22,22 Mbps pada semester kedua 2020.

Baca juga: Telkomsel gelar ajang penghargaan tentang transformasi digital

Baca juga: Telkomsel gandeng dompet digital untuk program belanja online

Baca juga: Telkomsel salurkan bantuan logistik warga terdampak gemba Sulbar
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021