Gubernur NTB lepas keberangkatan kapal kemanusiaan ke Sulawesi Barat

Gubernur NTB lepas keberangkatan kapal kemanusiaan ke Sulawesi Barat

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB, bersama Kepala Cabang ACT NTB Juaini Pratama, mengibarkan bendera ACT-MRI sebagai tanda pelepasan kapal Kemanusiaan Lombok-Sumbawa Dermawan ke Sulawesi Barat, di Mataram, Kamis (25/2/2021). ANTARA/HO/ACT NTB

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr H Zulkieflimansyah melepas keberangkatan Kapal Kemanusiaan Lombok-Sumbawa Dermawan yang mengangkut bantuan logistik untuk korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan.

Acara pelepasan kontainer berisi bantuan logistik seberat 25 ton hasil penggalangan Aksi Cepat Tanggap (ACT) NTB tersebut, digelar di halaman Kantor Gubernur NTB di Mataram, Kamis.

Kegiatan pelepasan dilakukan secara simbolis dengan mengibarkan bendera ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) oleh Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Danrem 162 Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Khalik dan Kepala Cabang ACT NTB Juaini Pratama.

Baca juga: ACT NTB himpun 25 ton bantuan logistik untuk korban gempa

"Saya salut dengan ACT NTB. Semoga ACT NTB dapat menyebarkan semangat solidaritas kemanusiaan di NTB," kata Zulkieflimansyah.

Kepala Cabang ACT NTB Juaini Pratama mengatakan pelepasan Kapal Kemanusiaan Lombok-Sumbawa Dermawan merupakan langkah awal untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi NTB dan segenap lapisan masyarakat NTB.

"Puluhan ton bantuan logistik tersebut berasal dari berbagai lapisan masyarakat di NTB," ujarnya.

Baca juga: ACT NTB siapkan bantuan air bersih untuk korban banjir

Ia mengatakan Kapal Kemanusiaan Lombok-Sumbawa Dermawan akan berlayar dari Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, menuju Sulawesi Barat, pada 27 Februari 2021, dan diperkirakan tiba di lokasi tujuan satu minggu kemudian.

Bantuan tersebut akan diterima oleh para relawan ACT-MRI di Sulawesi Barat.

"Para relawan ACT-MRI di Sulawesi Barat, akan mendistribusikan bantuan logistik tersebut kepada para korban gempa," katanya.

Baca juga: Mantan kades di Sumbawa ditemukan meninggal setelah terseret banjir
Pewarta : Awaludin
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021