Saya juga berharap pelaku UMKM di tanah air mendapatkan akses pembiayaan hingga skala ekonominya lebih efisien dan menjadi katalisator perekonomian Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ingin agar literasi keuangan di kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) meningkat sehingga akses mereka kepada sumber pembiayaan formal bisa naik.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam webinar Peran Sektor Keuangan Bangkitkan UMKM: Ragam Dukungan Menuju Pemulihan Ekonomi Nasional di Jakarta, Kamis, mengatakan untuk meningkatkan akses pembiayaan formal UMKM kepada perbankan, Kementerian Koperasi dan UKM bersama Bank Indonesia, perbankan, dan seluruh lembaga pembiayaan, terus meningkatkan literasi keuangan.

“Program ini diharapkan mendorong pembiayaan yang efektif untuk meningkatkan skala usaha UMKM sesuai amanat UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020. Saya juga berharap pelaku UMKM di tanah air mendapatkan akses pembiayaan hingga skala ekonominya lebih efisien dan menjadi katalisator perekonomian Indonesia," ujar Teten.

Teten menambahkan pemerintah sedang menyiapkan stimulus yang diharapkan dapat membangkitkan UMKM pada 2021 dan berdampak pada perekonomian Indonesia secara agregat. Antara lain berupa subsidi bunga KUR dan nonKUR, KUR super mikro, modal kerja koperasi melalui LPDB KUMKM, dan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Menurut Teten, pemulihan sektor UMKM dan koperasi adalah faktor penting untuk menjawab tantangan pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

"Hal ini didukung kenyataan populasi UMKM yang mendominasi hingga 99 persen unit usaha, menyerap 97 persen tenaga kerja, dan berkontribusi 61,1 persen terhadap PDB," kata Teten.

Ia mengatakan proporsi kredit UMKM terhadap total kredit perbankan baru mencapai 19,97 persen pada 2020. Hal ini karena sektor produktif masih dilihat sebagai usaha berisiko tinggi dan rendahnya literasi keuangan di kalangan UMKM.

"Kegiatan UMKM juga dianggap tidak feasible serta sulitnya UMKM dalam melengkapi persyaratan administratif pembiayaan formal," kata Menkop UKM.

Idealnya, lanjut Teten, dengan populasi UMKM yang besar, maka sudah sepatutnya rasio kredit perbankan untuk UMKM meningkat pada angka 22 persen hingga 30 persen.

"Di sinilah pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan menyongsong UMKM nasional lebih berdaya saing dan mendunia," kata Teten.

Menurut Teten, realisasi penyaluran KUR pada sektor produktif di 2020 terus meningkat menjadi 57,25 persen dibandingkan 2019 sebesar 52 persen.

Porsi penyaluran KUR tahun 2020 terbesar disalurkan di sektor perdagangan (42,8 persen) kemudian sektor pertanian (29,6 persen), dan jasa (14,9 persen).

"Sektor pertanian menyerap paling banyak pelaku usaha mikro. Menjadi pekerjaan rumah kita bersama untuk meningkatkan pembiayaan pada sektor pertanian yang secara tidak langsung dapat mengurangi angka kemiskinan, pengangguran, dan tantangan pemenuhan pangan di masa depan," kata Teten.

Baca juga: Sebanyak 100 koperasi Indonesia catat akumulasi aset Rp66,6 triliun
Baca juga: Teten sebut perlu upaya terintegrasi untuk ciptakan wirausaha muda
Baca juga: Teten: Adaptasi jadi kunci keberhasilan UMKM bangkit dari pandemi

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021