Calon Wabup terpilih Lampung Tengah fokus tekan penyebaran COVID-19

Calon Wabup terpilih Lampung Tengah fokus tekan penyebaran COVID-19

Calon Wakil Bupati Lampung Tengah terpilih dr Ardito Wijaya saat berdialog dengan IDI Lampung Tengah. ANTARA/Antaralampung.com.

Lampubg Tengah (ANTARA) - Calon Wakil Bupati terpilih Lampung Tengah dr Ardito Wijaya mengatakan akan fokus menekan penyebaran COVID-19 ketika pasangan calon bupati-wakil bupati terpilih Musa Ahmad-dr Ardito Wijaya sudah dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lampung Tengah.

Ardito mengatakan saat ini angka COVID-19 di Lampung Tengah termasuk sangat tinggi. Karena itu, pemerintah daerah ke depan akan berupaya untuk menekan penyebaran virus tersebut.

"Tentu saya bersama Pak Bupati Musa Ahmad akan berupaya untuk menekan penyebaran COVID-19," kata Ardito, di Lampung Tengah, Kamis.

Pelantikan tujuh kepala daerah dan wakil kepala daerah di Lampung akan dilaksanakan pada Jumat (26/2), yaitu untuk Kota Bandarlampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, Way Kanan, dan Kabupaten Lampung Tengah.

Menurut Ardito, pihaknya ingin agar Satgas COVID-19 dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga kampung lebih giat mengupayakan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Memang sudah ada Satgas COVID-19 dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga kampung. Nanti akan kami giatkan lagi, tetapi dengan konsep yang lebih menyenangkan," ujarnya pula.

Selain itu, pihaknya juga akan mengusulkan kepada Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad nantinya, agar membuat peraturan daerah (perda) yang mengatur tentang pencegahan COVID-19 di kabupaten tersebut.

Kemudian, Pemkab Lampung Tengah juga akan menginventarisir kebutuhan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan, ambulans khusus COVID, dan juga obat-obatan serta vitamin yang dibutuhkan oleh tenaga kesehatan untuk penanganan virus tersebut.

"Karena tenaga kesehatan adalah garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Makanya itu droping APD, vitamin dan obat-obatan nanti kami upayakan bisa lebih cepat," katanya pula.

Pihaknya juga mengajak semua pihak di kabupaten setempat bersama-sama menekan angka penyebaran COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Ini perlu upaya bersama untuk menekan penyebarannya. Pemerintah, aparat, masyarakat termasuk tetua adat juga ikut mengingatkan masyarakat bahwa hari ini lebih berbahaya keluar rumah dibanding sebelumnya," ujar dia lagi.

Dinas Kesehatan Lampung mencatat jumlah pasien positif COVID-19 di provinsi ini kembali bertambah 68 kasus.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lampung, Kamis, dengan bertambahnya 68 pasien COVID-19, jumlah total kasus yang terinfeksi Virus Corona kini menjadi 13.317 orang.

Dari total 13.317 kasus COVID-19, Dinas Kesehatan memperincikan bahwa sebanyak 10.710 orang telah dinyatakan sembuh dan 636 lainnya meninggal dunia.
Baca juga: Dinkes benarkan Pjs Bupati Lampung Tengah positif COVID-19
Baca juga: Bupati dan Ketua DPRD Lampung Tengah semprot sekolah cegah COVID-19
Pewarta : Hisar Sitanggang/ Hendra Kurniawan
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021