Jakarta (ANTARA) -- PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) untuk melakukan tanggap darurat atas jebolnya tanggul Sungai Citarum Hilir di Kampung Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu (20/2) akhir pekan lalu.

Sebagai informasi, terdapat lima titik kritis di sepanjang tanggul Sungai Citarum yang jebol akibat tingginya curah hujan. Titik pertama sepanjang 50 meter di Kecamatan Pebayuran. Titik kedua terdapat di Kampung Solokan Kendal, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong sekitar 90 m dan Kampung Biyombong. 

Sementara titik ketiga berada di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong sepanjang 10 m. Dua titik diantaranya memiliki kondisi yang sangat kritis, berlokasi di Desa Sumberjaya dan Desa Pantai Bahagia di Kecamatan Muara Gembong.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa semua bahan yang dibutuhkan untuk perbaikan tanggul sudah siap di lapangan.
"Sudah kita operasikan enam excavator untuk mengisi dan mengangkat geobag yang beratnya masing-masing 1 ton. Dengan geobag jumbo tersebut diharapkan kuat untuk menahan arus sungai," tutur Menteri PUPR.

Selain itu, Menteri Basuki juga mengatakan akan melanjutkan penyelesaian pembangunan tanggul di hilir Sungai Citarum. "Tanggulnya sendiri dari Bendung Curug sampai ke Muara panjangnya 150 km yang terbangun baru 20 km karena melintasi kawasan permukiman, ini juga akan kita perkuat," ujarnya.

Sekretaris Perusahaan, Mahendra Vijaya menyambut baik dan menyatakan kesiapan untuk melaksanakan penugasan yang diberikan oleh Pemerintah.
“Kami siap untuk menjalankan tugas ini dengan penuh integritas seraya terus menjaga komunikasi dan kerja sama dengan para pihak terkait,” ujar Mahendra.

Cepat Tanggap Bantu Korban Banjir DKI Jakarta dan Sekitarnya

WIKA melalui program WIKA Peduli Corporate Social Responsibility (CSR) menyalurkan bantuan bagi korban banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu, (20/2) setelah hujan deras mengguyur Ibu Kota selama 2 hari berturut-turut.

General Manager Corporate Relations (GM CR) WIKA, Achmad Harris A. Soekamto menuturkan bantuan berupa makanan siap saji, air mineral, obat-obatan, hingga peralatan kebersihan disalurkan WIKA untuk beberapa wilayah terendam banjir dan terlebih dahulu difokuskan bagi karyawan WIKA dan warga sekitar yang terdampak.

"Selain itu bantuan juga disalurkan melalui posko-posko pengungsian di daerah Kalimalang, Halim dan Cipinang Melayu," sambungnya.

Melalui aksi cepat tanggap WIKA ini, diharapkan dapat meringankan beban warga serta memenuhi kebutuhan warga selama bencana banjir terjadi, hingga banjir segera surut dan keadaan kembali kondusif.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021