Gowes bareng, Eriko: PDIP dekatkan ke rakyat saat pandemi

Gowes bareng, Eriko: PDIP dekatkan ke rakyat saat pandemi

Kegiatan bersepeda bareng yang diikuti pimpinan dan kader PDI Perjuangan, di Jakarta, Minggu (28/2/2021). ANTARA/HO-Humas PDI Perjuangan/am.

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga menyebutkan kegiatan bersepeda atau gowes bareng serentak se-Indonesia merupakan langkah untuk mendekatkan diri kepada masyarakat saat pandemi, sekaligus mengajak mereka untuk hidup sehat.

Kegiatan dengan tema "Bersepeda Sehat' itu tetap dilakukan dengan sangat memperhatikan protokol kesehatan dan jaga jarak.

"Khusus untuk DKI Jakarta, akan diikuti Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama Wasekjen dan Ketua DPP PDIP, sejumlah anggota DPR RI dan pengurus PDIP Provinsi DKI Jakarta," ucap Eriko, sebelum memulai acara sepeda santai di depan Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Minggu.

Eriko menjelaskan agenda sepeda itu berlangsung di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) dan kawasan Monas yang dibagi 4 grup di kedua zona tersebut, dengan 20 pesepeda di masing-masing grup.

"Pak Sekjen berangkat dari pintu seberang Indosat. Saya dari pintu seberang Kemenko PMK. Sementara, dari zona GBK, dari depan Masjid Al Bina ada Ketua DPP Pak Djarot Saiful Hidayat, dari pintu Tenggara dipimpin Ketua DPP PDI Perjuangan Pak Ahmad Basarah," ujarnya.

Baca juga: Gowes bareng PDIP, Utut tekankan jalan politik kegembiraan

Dari depan pintu Panahan, Wasekjen PDI Perjuangan Utut Adianto bersama 10 anggota DPR RI, kemudian unsur sekretariat DPP, pengurus DPD dan DPC partai pada sejumlah titik lainnya.

Kegiatan bersepeda kader PDI Perjuangan juga digelar di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu.

Eriko menambahkan bahwa agenda sepeda itu masih dalam rangkaian peringatan HUT Ke-48 PDIP yang pelaksanaannya sejak Januari sampai Mei 2021.

Eriko gowes bersama konstituennya di Jakarta Barat, mengajak masyarakat untuk tetap sehat, menjaga imunitas, dan kebersamaan di tengah pandemi COVID-19, dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama acara berlangsung.

"Jadi, kami dari PDI Perjuangan terutama Bidang Pemuda dan Olahraga, ingin bersama-sama mau menikmati suasana 'weekend' bersama-sama bersepeda. Dan juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa PDI Perjuangan ada di tengah-tengah masyarakat," kata Eriko.

Baca juga: Politik hijau PDI Perjuangan saat bersepeda santai di Monas dan GBK

Anggota Komisi XI DPR RI itu mengatakan olahraga sepeda merupakan kegiatan paling sederhana dan saat ini digandrungi oleh banyak orang, dan mereka memastikan menggunakan sepeda yang sederhana dan merek lokal.

"Di sini kalau dilihat sepeda-sepeda kami juga lokal. Kami mau membangkitkan perekonomian, membangkitkan juga industri sepeda lokal," kata Eriko.

Ketua Panitia Abidin Fikri menambahkan tujuan acara itu adalah mengampanyekan pentingnya berolahraga dan menjaga kesehatan di masa pandemi COVID-19.

"Panitia telah memberi imbauan kepada seluruh peserta untuk menaati protokol kesehatan, termasuk menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan itulah sebabnya setiap titik hanya diikuti 20 pesepeda," ujar anggota DPR RI itu.

Sementara itu, Sekretaris Panita Gowes Bareng PDIP Yuke Yurike menjelaskan seluruh peserta diberi rompi berlogo PDIP dan disarankan membawa tumbler.

"Semua diharap bisa menjaga kedisiplinan. Semoga acara berjalan dengan lancar. Tim medis pun disiapkan untuk mengantisipasi bila ada yang membutuhkan," ucap Yuke.

Baca juga: Hasto: PDIP segera luncurkan satgas lingkungan jaga sungai
Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021