Minyak Brent untuk pengiriman Mei naik 1,07 dolar AS atau 1,7 persen, menjadi 65,49 dolar AS per barel
Singapura (ANTARA) - Harga minyak naik lebih dari satu dolar AS di perdagangan Asia pada Senin pagi, di tengah optimisme atas ekonomi global berkat kemajuan dalam paket stimulus AS yang sangat besar dan harapan meningkatnya permintaan minyak saat vaksin COVID-19 diluncurkan.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Mei naik 1,07 dolar AS atau 1,7 persen, menjadi 65,49 dolar AS per barel pada 00.42 GMT (07.42 WIB). Kontrak April berakhir pada Jumat (26/2/2021).

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman April terangkat 1,10 dolar AS atau 1,8 persen, menjadi 62,60 dolar AS per barel.

"Harga minyak pulih pagi ini sejalan dengan sebagian besar aset berisiko didukung RUU stimulus AS yang diloloskan DPR AS dan saat bank-bank sentral terus berusaha keras untuk menangkal pengetatan keuangan yang tersirat oleh pasar," tulis Stephen Innes, kepala ahli strategi pasar global di Axi dalam catatan pada Senin, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Aramco minta perpanjangan satu tahun untuk pinjaman 10 miliar dolar

Dewan Perwakilan Rakyat AS mengesahkan paket bantuan virus corona senilai 1,9 triliun dolar AS pada Sabtu pagi (27/2/2021). Demokrat yang mengontrol majelis menyetujui tindakan penyisiran dengan suara mayoritas partai 219 terhadap 212 dan mengirimkannya ke Senat, di mana Demokrat merencanakan manuver legislatif untuk memungkinkan mereka meloloskannya tanpa dukungan dari Partai Republik.

Berita yang lebih positif tentang vaksinasi virus corona dan tanda-tanda membaiknya ekonomi Asia juga mendorong harga.

Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS dengan suara bulat pada Minggu (28/2/2021) untuk merekomendasikan suntikan COVID-19 Johnson & Johnson digunakan secara luas, dan pejabat AS mengatakan pengiriman awal akan dimulai pada Minggu (28/2/2021).

J&J memperkirakan akan mengirimkan lebih dari 20 juta dosis pada akhir Maret dan 100 juta pada pertengahan tahun, cukup untuk memvaksinasi hampir sepertiga warga Amerika.

Di Jepang, survei swasta menunjukkan aktivitas pabrik berkembang pada laju tercepat dalam lebih dari dua tahun pada Februari, menambah tanda-tanda rebound dalam pertumbuhan Asia.

Di sisi lain, investor bertaruh bahwa pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) minggu ini dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, akan menghasilkan lebih banyak pasokan yang kembali ke pasar.

“Lebih banyak pasokan perlu masuk ke pasar untuk memastikan OPEC+ memenuhi permintaan tambahan dan menjaga disiplin internal tetap dalam satu baris,” tambah Innes.

Baca juga: Minyak anjlok terseret penguatan dolar dan ekspektasi pasokan OPEC+
Baca juga: Minyak naik setelah produksi AS turun, Brent bertengger di 67 dolar

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021