Cirebon (ANTARA) - KRI Dewaruci saat ini sedang berlabuh di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, kedatangannya menjadi simbol bahwa Kota Udang mempunyai sejarah panjang dunia maritim, dan warga juga diperbolehkan untuk mengunjunginya.

"KRI Dewaruci ini merupakan kapal kebanggaan kita dan datang ke sini untuk mengeksplorasi kejayaan maritim Cirebon," kata Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera di Cirebon, Senin.

Afif mengatakan KRI Dewaruci rencananya akan berlabuh di Pelabuhan Kota Cirebon, hingga Rabu (3/3) dan masyarakat diperkenankan untuk mengunjunginya.

Baca juga: KRI Dewaruci dan KRI Bima Suci diserbu siswa di Makassar

Baca juga: Dua KRI dibuka untuk umum meriahkan "Garuda Di Lautku"


Warga yang akan melihat harus menerapkan protokol kesehatan selama berada di sekitar KRI Dewaruci. "Kita persilahkan masyarakat yang akan melihat KRI Dewaruci, namun tetap harus menaati protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan berlabuhnya KRI Dewaruci di Kota Cirebon, diharapkan bisa menjadi momentum bangkitnya kembali kejayaan maritim Kota Udang.

Dibalik kedatangan KRI Dewaruci, kata Azis, akan adanya program Kampung Bahari Nusantara, di mana kampung tersebut nantinya bisa dijadikan obyek wisata di bidang maritim.

"KRI Dewaruci ini membawa misi yang baik yaitu dengan program Kampung Bahari Nusantara," katanya.*

Baca juga: Dua KRI Dewaruci-Bima Suci sukseskan "Garuda di Lautku"

Baca juga: Lantamal VI datangkan KRI Dewaruci dan Bima Suci gelar "Openship"

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021