Siswa lolos SNMPTN UT dapat beasiswa hingga lulus

Siswa lolos SNMPTN UT dapat beasiswa hingga lulus

Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat dalam taklimat media daring di Jakarta, Selasa (2/3). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat mengatakan siswa yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) UT akan mendapatkan beasiswa hingga lulus kuliah.

“UT memiliki komitmen memberikan kesempatan pada lulusan baru sekolah menengah atas (SMA) untuk melanjutkan kuliah di UT. Sejak 2020, UT memberikan kesempatan melalui jalur SNMPTN dan memberikan beasiswa penuh hingga lulus kuliah,” ujar Ojat Darojat dalam taklimat media yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Mahasiswa yang kuliah di UT melalui jalur SNMPTN tidak perlu memikirkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semesternya.Pada 2020, pihaknya memberikan beasiswa penuh kepada 100 siswa yang lolos seleksi SNMPTN, yang terdiri dari 50 mahasiswa Sistem Informasi dan 50 mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Baca juga: Rektor sebut UKT semakin terjangkau jika UT menjadi PTN BH

Dua program studi yang dibuka tersebut merupakan hasil konsultasi dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dua program studi itu secara muatan kurikulum sangat intens menerapkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh.

SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya. Seleksi ini hanya bisa diikuti oleh siswa kelas XII SMA.

Pada 2021, lanjut dia, kuota SNMPTN di UT sebanyak 100 mahasiswa. UT kembali memberikan beasiswa penuh hingga lulus kuliah pada mahasiswa tersebut.

“Bedanya hanya program studinya, yang pada 2021 program studinya yakni Ekonomi Syariah dan Sastra Inggris. Jumlah siswa yang ikut SNMPTN sebanyak 344 orang untuk program studi Ekonomi Syariah dan 159 orang untuk program studi Sastra Inggris. Ini mereka semua anak-anak berprestasi,” terang dia.***3***

Baca juga: Rektor: 12.000 mahasiswa kampus konvensional ambil mata kuliah di UT
Baca juga: UT pastikan mahasiswa tidak dirugikan akibat kendala teknis ujian
Baca juga: Ketua MPR : teknologi buka akses pendidikan tinggi

Pewarta : Indriani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021