Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini untuk beberapa daerah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan.

Pada peringatan dini cuaca untuk Rabu (3/3) ini, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang adalah Bali, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Kemudian hujan sedang hingga lebat dalam waktu singkat dapat terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, kemudian di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah.

Selanjutnya hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua , Papua Barat.

Kemudian potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi mulai siang hari di Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Jambi, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan terakhir di Sumatera Selatan.

Selain itu, BMKG juga merilis peringatan dini khusus Provinsi Aceh untuk mewaspadai kondisi cuaca cerah serta kenaikan suhu dan penurunan kelembapan udara.

Kondisi seperti itu diperkirakan dapat meningkatkan potensi kebakaran hutan dan lahan hampir di seluruh wilayah Aceh.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021