Ambon (ANTARA) - Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, mengapresiasi langkah penanganan COVID- 19 yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

"Selaku anggota dan pimpinan DPD RI saya memberikan apresiasi yang tinggi bagi Pemkot Ambon dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19,hingga saat ini masih tetap bertahan di zona oranye (risiko sedang), " katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Ambon,Maluku, Rabu.

Ia mengatakan, apresiasi diberikan karena Pemkot Ambon telah bekerja keras, di tengah keterbatasan dukungan, sarana prasarana, dan anggaran dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Baca juga: Cegah abrasi, senator bantu tanami mangrove di pesisir Pulau Aceh

Beberapa waktu lalu Kota Ambon sempat masuk ke zona merah (risiko tinggi) penyebaran COVID-19, hal tersebut disebabkan karena tingkat kematian yang tinggi, bukan karena kenaikan drastis jumlah pasien terkonfirmasi positif, sebagaimana yang terjadi di kota lainnya di Indonesia.

Nono Sampono, meminta warga yang sakit atau terkena gejala COVID-19, segera memeriksakan diri, tidak menunggu hingga kritis baru mencari penanganan darurat.

"Jika terpapar COVID- 19 harus tingkatkan imun tubuh, dan itu perlu bantuan, tidak bisa merawat diri sendiri. Jika tidak ada penyakit tidak masalah, tetapi jika ada penyakit bawaan ini yang menjadi masalah," ujarnya.

Ia mengakui, aktivitas Kota Ambon sangat padat, sehingga pasien yang terpapar adalah kelompok usia produktif yang mobilitasnya tinggi, karena itu disiplin protokol kesehatan perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Baca juga: Ketua DPD RI bangga Jatim miliki banyak perguruan tinggi unggul

DPD kata Nono, dalam tugas dan kewenangannya akan membantu memperjuangkan apa yang menjadi kepentingan daerah, hal itu termasuk dalam RAPBN.

"Jika ada pertimbangan relevansi kepentingan daerah harus kita loloskan, dengan menghimpun aspirasi dan masukan terhadap upaya penanganan COVID-19, " ujarnya.

Ia menambahkan, Pemkot Ambon di bawah kepemimpinan wali kota dan wakil wali kota saat ini sangat jeli dalam melihat hal tersebut.

"Saya telah mendapat laporan yang lengkap dan terperinci mengenai kondisi penanganan COVID-19 di Kota Ambon untuk disuarakan kepada pemerintah pusat. Saya berjanji akan terus memperjuangkan kepentingan daerah ke pemerintah pusat, " tandasnya.

Baca juga: Gubernur Papua terima penghargaan atas kinerja inovatif selama pandemi
Baca juga: Penanganan COVID-19 di Jateng terus tunjukkan hasil positif

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021