BI Kepri dukung Gernas BBI melalui Gebyar Melayu Pesisir

BI Kepri dukung Gernas BBI melalui Gebyar Melayu Pesisir

Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina dan Kepala Perwakilan BI Kepri Musni Hardi K Atmaja meresmikan Gebyar Melayu Pesisir di Batam, Rabu. (Dok Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Bank Indonesia Kepulauan Riau mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Gerakan Nasional Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja dan Karya Kreatif Indonesia (KKI) melalui pameran produk UMKM Gebyar Melalui Pesisir di Kota Batam.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri Musni Hardi K Atmaja, Rabu, menyatakan pihaknya mendukung tiga kampanye nasional itu dengan memamerkan produk UMKM unggulan di Galeri Dekranasda Batam, pada 3-31 Maret 2021.

Sebanyak 45 produk UMKM unggulan Batam dan Kepri yang telah lolos kurasi dipamerkan dalam kegiatan itu, antara lain kain, kriya dan olahan makanan serta minuman.

Baca juga: Sukseskan kampanye Karya Kreatif Indonesia, BI perkuat penggunaan QRIS

Dalam kesempatan itu, Musni mengingatkan UMKM untuk meningkatkan 3K, yaitu kualitas, kuantitas, dan kontinuitas sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas serta mampu bertahan di pasar domestik dan ekspor.

"Di era digital, UMKM juga dituntut untuk memasarkan produknya melalui platform 'e-commerce'," kata dia.

Begitu pula dalam pembayaran, UMKM juga mesti menggunakan sistem yang menunjang seperti penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Baca juga: Teten dorong modernisasi UMKM dukung pariwisata nasional

Melalui QRIS, lanjut Musni, pembayaran dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan di manapun.

Penggunaan QRIS juga dapat meningkatkan profil kredit hingga mendekatkan UMKM dengan perbankan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kepri sekaligus Ketua Dekranasda Batam Marlin Agustina menyampaikan penguatan UMKM merupakan upaya kunci pemerintah dalam pemulihan perekonomian di Kepri.

Kolaborasi dengan BI, kata dia, dapat mengakselerasi pengembangan UMKM Kepri.

"Acara Gebyar Melayu Kepri diharapkan dapat menjadi embrio pengembangan ekonomi kreatif di Batam dan menjadi percontohan bagi kabupaten dan kota lain di Kepri," kata dia.

Gebyar Melayu Pesisir diharapkan dapat menjadi kegiatan tahunan yang merupakan puncak pembinaan dan pemberian penghargaan terhadap UMKM di Kepri.

Kegiatan Gebyar Melayu Pesisir merupakan bagian dari rangkaian KKI seri 1 tahun 2021 oleh BI yang diselenggarakan di Mandalika, NTB.

KKI 2021 akan dilaksanakan dalam tiga seri secara luring maupun daring dengan mengangkat tema Sinergi, Globalisasi dan Digitalisasi UMKM Sektor Pariwisata.
Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021