Jakarta (ANTARA) - Realisasi vaksinasi COVID-19 dosis pertama kepada warga lanjut usia (lansia) di Jakarta Selatan hingga Kamis (4/3) mencapai sekitar 16 ribu atau 8,9 persen dari target 179 ribu orang.

"Kami upayakan dalam satu bulan ini selesai," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Muhammad Helmi ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat.

Untuk menggenjot realisasi vaksinasi, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan menambah fasilitas layanan kesehatan yang dapat melakukan vaksinasi bagi warga lansia.

Pemkot Jakarta Selatan menambah satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang melayani vaksinasi untuk lansia, yakni RSUD Pasar Minggu sehingga total ada delapan RSUD.

Baca juga: Dinas Kesehatan Jaksel siapkan ICU mini saat vaksinasi lansia
Baca juga: Polres Jaksel latih Bhabinkamtibmas jadi vaksinator
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga lansia di Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (1/3/2021). (ANTARA/Dewa Wiguna)

Sedangkan di tingkat Puskesmas, ada 10 titik layanan kesehatan yang melayani vaksinasi lansia. Jumlah itu belum termasuk sejumlah titik vaksinasi lansia yang diadakan serentak di luar fasilitas layanan kesehatan.

Tidak menutup kemungkinan, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan akan menggandeng rumah sakit swasta untuk melakukan vaksinasi lansia.

"Tapi karena jumlahnya banyak dan kemungkinan titiknya berubah, kami juga akan kerja sama dengan rumah sakit swasta," kata Helmi.

Di wilayah Jakarta Selatan, kata dia, ditargetkan 179 ribu warga lansia mendapatkan vaksinasi COVID-19 dalam satu bulan ini.
Baca juga: Kodim 0504/Jaksel lakukan vaksinasi bagi 457 personel TNI

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021